7 Parpol Belum Jadwalkan Pendaftaran Bacaleg ke KPU Makassar

KPU membuka pendaftaran hingga 14 Mei 2023

Makassar, IDN Times - Pendaftaran bakal calon legislataif (bacaleg) telah memasuki hari ke-11. Artinya masa pendaftaran tersisa tiga hari lagi. Namun sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar masih belum menerima jadwal pendaftaran dari tujuh parpol.

Jika melihat daftar 18 parpol peserta Pemilu 2024 dan parpol yang telah menyerahkan berkas atau mengonfirmasi jadwal kedatangan, maka 7 parpol yang belum mengonfirmasi penyerahan berkas bacaleg yaitu Partai Gerindra, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Demokrat, PSI dan Perindo.

"Sampai sekarang 11 yang konfirmasi. Berarti masih ada 7 yang konfirmasi," kata Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar, yang ditemui di kantornya usai menerima pengajuan berkas PDI Perjuangan, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga: Daftarkan Bacaleg ke KPU, NasDem Targetkan 12 Kursi di DPRD Makassar

1. Baru dua parpol yang ajukan berkas

7 Parpol Belum Jadwalkan Pendaftaran Bacaleg ke KPU MakassarDPD PKS Makassar saat mendatangi kantor KPU Makassar untuk mendaftarkan bacaleg, Senin (8/5/2023). Dok. KPU Makassar

Hingga hari ke-11 ini, baru dua parpol yang menyerahkan berkas bacaleg untuk tingkat DPRD Kota Makassar. Dua parpol tersebut adalah PDI Perjuangan dan NasDem yang datang ke kantor KPU, Kamis (11/5/2023).

"Kalau sekarang kan tanggal 11 ya. Berarti kita tunggu besok 12, 13, 14. Karena memang ada beberapa yang sudah bilang tanggal 14 baru datang," kata Gunawan kepada wartawan usai menerima pengajuan berkas PDI Perjuangan.

Pada Senin 8 Mei 2023 lalu, PKS sebenarnya telah mendatangi kantor KPU untuk mengajukan bacalegnya, namun berkasnya dikembalikan karena tidak lengkap sehingga harus dikembalikan. KPU menerima konfirmasi bahwa PKS akan datang kembali pada Sabtu 13 Mei 2023.

2. Delapan parpol akan serahkan berkas di tiga hari terakhir

7 Parpol Belum Jadwalkan Pendaftaran Bacaleg ke KPU MakassarSterilisasi Kantor KPU Makassar. IDN Times/KPU Makassar

Parpol lain yang akan datang ke kantor KPU yaitu PAN, Partai Gelora, PKB, dan PPP. Keempat parpol ini berencana datang siang hari setelah salat Jumat pada Selasa 14 Mei 2023.

"Besok ada 4 yang sampai sekarang konfirmasi dan semuanya berebut sesudah Jumat," kata Gunawan.

Selanjutnya pada Rabu 13 Mei 2023, 4 parpol juga akan datang yakni PKS yang hendak melengkapi kembali hasil pengajuan yang sebelumnya dikembaikan. Kemudian PBB, Partai Ummat, dan PSI. Pada Jumat 14 Mei 2023 atau hari terakhir, ada Partai Golkar namun belum menentukan jam.

3. Pengajuan berkas dikhawatirkan menumpuk di hari terakhir

7 Parpol Belum Jadwalkan Pendaftaran Bacaleg ke KPU MakassarKomisioner KPU Makassar Gunawan Mashar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sejak awal, KPU telah mengingatkan agar parpol tidak mendaftarkan diri di akhir waktu sehingga menghindarkan berbagai kesalahan saat pendaftaran. Selain itu, parpol juga bisa mendapatkan pelayanan secara maksimal karean waktu yang tidak saling mepet.

Akan tetapi, hal tampaknya tak dapat dihindarkan. Melihat adanya 7 parpol yang mengonfirmasi kedatangan ke KPU, maka bukan tidak mungkin mereka memilih waktu pendaftaran di tiga hari terakhir.

"Misalnya kayak Hanura meskipun secara konfirmasi belum tapi kalau waktu rakor secara lisan menyampaikan tanggal 14 (Mei). Tapi saya kira pasti paling terakhir tanggal 14. Pilihannya saya kira yang tidak konfirmasi berarti tanggal 12,13,14," kata Gunawan.

Baca Juga: PDI Perjuangan Ajukan 50 Bacaleg ke KPU Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya