Comscore Tracker

62.250 Pekerja di Sulsel Dapat Bantuan Subsidi Upah Rp1 Juta

Simak cara mengecek daftar penerima bantuan subsidi di sini

Makassar, IDN Times - Kementerian Ketenagakerjaan akan menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) senilai Rp1 juta kepada masing-masing 62.250 orang penerima di Sulawesi Selatan. Penerimanya adalah pekerja atau buruh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulsel Tautoto Tanaranggina mengatakan, jumlah penerima itu sesuai yang diajukan kepada DPR RI dan pemerintah pusat pada program BSU tahap perluasan.

 

"Ini hasil perjuangan dari bapak Plt Gubernur yang menyampaikan kepada Komisi IX DPR RI. Dan akhirnya disetujui untuk mendapatkan BSU tahap II tahun 2021 ini," kata Tautoto pada siaran pers yang diterima, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: BRI Percepat Penyaluran Bantuan Subsidi Upah untuk Pekerja 

1. Jumlah penerima masih bisa bertambah

62.250 Pekerja di Sulsel Dapat Bantuan Subsidi Upah Rp1 JutaIlustrasi upah, gaji(IDN Times/Arief Rahmat)

Tautoto menerangkan, Sulawesi Selatan mendapatkan kuota sekitar 12% dari total tahap perluasan penerima BSU sementara. Jumlahnya mencapai 497 ribu orang di seluruh Indonesia.

 "Namun data itu bisa saja akan bertambah, dengan target hingga akhir tahun penerima BSU tahap perluasan sebanyak 1,7 juta orang," ucapnya.

2. BSU tahun 2021 sudah tersalurkan kepada tujuh juta orang

62.250 Pekerja di Sulsel Dapat Bantuan Subsidi Upah Rp1 JutaMenaker Ida saat menerima audiensi pengurus GAPKI secara virtual, Selasa (15/6/2021). (Dok. Menaker)

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebelumnya menyatakan bahwa sejauh ini BSU untuk tahun 2021 sudah tersalurkan kepada 7.163.043 orang. Dia juga telah menandatangani Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 12 Tahun 2021 yang memuat aturan perluasan penerima BSU 2021. Sebab anggaran BSU tahun ini masih ada sisanya.

"Sisa anggaran ini dapat mendorong tercapainya target BSU sebagai upaya mitigasi dampak pandemi pada sektor ekonomi," kata Menaker Ida dikutip dari Antara, Jumat.

Kemnaker sendiri sudah menerima 8.283.364 data calon penerima BSU 2021 dari BPJS Ketenagakerjaan dengan 517.120 orang di antaranya adalah pekerja yang menjadi penerima BSU setelah dilakukan perluasan calon penerima.

Menaker menjelaskan pekerja yang tidak memenuhi syarat menjadi penerima bantuan subsidi upah itu salah satunya karena duplikasi data dengan bantuan sosial atau bantuan pemerintah lain seperti Program Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

"Saat ini terdapat 392.018 data yang masih memerlukan perbaikan. Namun, untuk calon penerima yang duplikasi dengan bansos atau bantuan pemerintah lain memang tidak bisa mendapatkan BSU," katanya.

"Kami berharap penyaluran BSU tahun 2021 dapat berjalan lancar dan benar-benar membantu pekerja/buruh yang terdampak COVID-19," demikian Ida.

3. Ini cara mengecek daftar penerima

62.250 Pekerja di Sulsel Dapat Bantuan Subsidi Upah Rp1 JutaBPJamsostek menyatakan kesiapannya mendukung Pemerintah dalam menyukseskan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU). (Dok. BPJamsostek)

BSU atau bantuan langsung tunai subsidir gaji merupakan program Pemerintah untuk membantu pekerja bertahan di tengah pemberlakuan PPKM saat pandemi Covid-19. Dalam program BSU, Pemerintah menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk menentukan peserta.

Hingga September 2021 pekerja di Sulsel tidak mendapat BSU dari pemerintah, sebab antaran perubahan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 16 Tahun 2021 atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020. Salah satu poinnya menyebutkan hanya wilayah pada PPKM level 3 dan 4 yang menerima BSU.

Masyarakat bisa mengecek penerima BSU Rp 1 juta melalui laman bsu.kemnaker.go.id dan bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. BLT Subsidi Gaji diberikan dengan tujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh dalam penanganan dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

Baca Juga: Aturan BSU 2021, Ini 3 Perbedaannya dari Bantuan Subsidi Upah 2020 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya