19 Belum Ditemukan, Ini Daftar Korban Kapal Ikan Terbalik di Selayar

Masa pencarian diperpanjang selama tiga hari

Makassar, IDN Times - Operasi SAR pencarian korban kecelakaan kapal penangkap ikan Yuiee Jaya 2 di perairan Kepulauan Selayar diperpanjang tiga hari, mulai hari ini, Selasa (19/3/2024). Masih ada 19 anak buah kapal (ABK) yang dalam pencarian alias hilang.

"Atas berbagai pertimbangan, setelah melakukan briefing dengan unsur yang terlibat, maka dari itu operasi SAR akan kami perpanjang hingga tiga hari kedepan," ujar Andi Sultan selaku OSC (On Scene Coordinator) pada operasi SAR Yuiee Jaya II, Senin (18/3/2024).

KM Yuiee Jaya 2, kapal pencari ikan dengan 35 ABK, yang terbalik di perairan Selayar, 9 Maret 2024. Peristiwa itu baru diketahui saat seorang ABK ditemukan nelayan terdampak di pantai, pada 11 Maret 2024.

Baca Juga: Tim SAR Temukan Satu Lagi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di Selayar

1. Tiga regu berpencar mencari korban di laut

19 Belum Ditemukan, Ini Daftar Korban Kapal Ikan Terbalik di SelayarOperasi pencarian ABK kapal ikan Yuiee Jaya 2 yang tenggelam di perairan Kepulauan Selayar. (Dok. Kantor Basarnas Makassar)

Sultan mengatakan, saat ini ada tiga regu SAR yang mencari korban di beberapa titik lokasi. Pencarian terbagi menadi sektor, dan diperluas hingga 147 mil laut.

Sektor I dengan menumpang perahu lambung kaku bergerak dari Pulau Jinato mencari di sekitar kawasan Taman Nasional Taka Bonerate dengan luas area 586 mil laut persegi. Sektor II (Kapal Nelayan) Bergerak Dari Pulau Rajuni Melakukan Pencarian di sekitar Kawasan Taman Nasional Taka Bone Rate juga dengan luas area 586 mil laut persegi. Sedangkan Sektor III dengan KN SAR Kamajaya bergerak dari Pulau Jampea menuju bagian Timur Taman Nasional dengan luas area pencarian 936 mil laut persegi.

2. Tim SAR gabungan menyisisir sejumlah pulau tak berpenghuni

19 Belum Ditemukan, Ini Daftar Korban Kapal Ikan Terbalik di SelayarBasarnas Makassar menambah personel sekaligus mengerahkan KN Sar Kamajaya 104 untuk pencarian korban kapal tenggelam di perairan Selayar. (Dok. Basarnas Makassar)

Sultan menambahkan bahwa tim sar gabungan telah menyisir pulau kosong tak berpenghuni seperti Pulau Sane Sane, Pulau Jailamu, Pulau Polassi, serta bagian selatan Pulau Nambolaki. Namun sejauh ini belum ada penemuan korban lain.

"Dengan penambahan waktu tiga hari kedepan, pencarian akan dimaksimalkan, semoga 19 korban dapat ditemukan," ucapnya.

3. Data korban selamat, meninggal, dan dicari

19 Belum Ditemukan, Ini Daftar Korban Kapal Ikan Terbalik di SelayarTim SAR gabungan, Sabtu (16/3/2024), mengevakuasi seorang ABK KM Yuiee Jaya 2, yang terbalik di perairan Kepulauan Selayar. (Dok. Basarnas Makassar)

Pada Senin sore, satu jenazah ditemukan mengapung sekitar 100 meter dari bibir pantai Pulau Kayuadi. Korban diketahui bernama Husama dan telah dikebumikan di Pulau Kayuadi.

Berdasarkan data terbaru Basarnas Makassar, sejauh ini telah ditemukan 12 korban selamat. Empat orang meninggal, dan 19 orang masih dalam pencarian. Berikut ini daftar para korban kapal terbalik Yuie Jaya 2 di perairan Selayar:

Korban selamat:

1.Dian kurniawan/Lakis alamat Magelang
2.Amirrulhak, Alamat Jawa Tengah kecamatan Wonokerto
3.M .Zaki Muntaha, Alamat Pekalongan Jawa Tengah
4.Waryen, Alamat Pekalongan karanganyar derto gam 6 jembatan Merah
5.Tahmid , Alamat Pekalongan
6.Amiluddin, Alamat Pekalongan
7.Adi bagus Panuntun, Alamat Pekalongan
8.Septo Guntoro, Alamat Pekalongan
9.Maulana dwi anggoro, Alamat: desa warulor, perumahan balai restu agung rt 7 rw 4 Kecamatan wira desa pekalongan Propinsi jawa tengah
10.Sun Hen Lakis/34 Tahun
11.Muzakkir Lakis
12.Amat Subechan

Korban meninggal:
1. Masrul Azam (di makamkan di kayuadi)
2. Acmad Subkhi (di makamkan di Jampea)
3. Ahmad Ihram Kholis (di makamkan di kayuadi)
4. Husama (di makamkan di kayuadi)

Korban dalam pencarian:
1. Andreansyah
2. Mohamad Irkham
3. Agus Budianto
4. Aditya Saifudin
5. Ahmad Mahrus
6. Ahmad Musyaffa
7. Aji Santoso
8. Ayuhan
9. Dhukron
10. Edi Surito
11. Haidar Muthohar Ahmad
12. Hendy Dianto
13. Ifnu Prastian
14. Kristanto
15. M. Khoirul Anam
16. M. Zuhdanul Mahrom
17. Rizal
18. Wahyono
19. Zaenal Abidin

Baca Juga: KN Sar Kamajaya Dikerahkan Cari Korban Kapal Tenggelam di Selayar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya