1,4 Juta Pelanggan PLN di Sulselrabar Dapat Stimulus Listrik

Pemberian stimulus diperpanjang untuk April-Juni 2021

Makassar, IDN Times - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) kembali menyalurkan stimulus listrik dari pemerintah kepada 1,4 juta lebih pelanggan di wilayahnya.

Pemberian stimulus berupa diskon tarif listrik ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan pelaku usaha. Stimulus berlaku untuk bulan April hingga Juni 2021.

"PLN siap melaksanakan keputusan pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terdampak COVID-19,” kata General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid dikutip dari ANTARA, Sabtu (27/3/2021).

Baca Juga: Listrik Gratis Gak Lanjut tapi Ada Diskon Tarif, Catat Aturannya!

1. Stimulus untuk meningkatkan daya beli masyarakat di situasi pandemik

1,4 Juta Pelanggan PLN di Sulselrabar Dapat Stimulus ListrikPengunjung melintasi salah satu toko di Pasar Baru, Jakarta, Senin (8/6/2020). Meski masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, pusat perbelanjaan tersebut mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan normal baru (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Awaluddi mengatakan, stimulus listrik merupakan bentuk perlindungan sosial dari pemerintah untuk masyarakat di situasi pandemik COVID-19. PLN berharap perpanjangan stimulus bisa mendorong produktivitas masyarakat serta meningkatkan daya beli.

Ada beragam skema stimulus. Misalnya diskon tarif 50 persen untuk daya 450 VA pada pelanggan rumah tangga, bisnis, dan industri. Juga ada sejumlah perubahan dibandingkan stimulus di tahun 2020, yang saat itu diakses secara manual oleh pelanggan.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,” ucap Awaluddin.

2. Untuk pascabayar, diskon langsung didapat saat membayar rekening listrik

1,4 Juta Pelanggan PLN di Sulselrabar Dapat Stimulus ListrikIlustrasi listrik token (IDN Times/Dwifantya)

Kepada pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA pasca bayar, ada perubahan besaran stimulus. Diskon langsung didapat saat pembayaran rekening listrik.

“Kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen,” katanya.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore.

3. Ini skema pemberian stimulus listrik untuk pelanggan PLN

1,4 Juta Pelanggan PLN di Sulselrabar Dapat Stimulus ListrikIlustrasi harga listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April-Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya.

Sebanyak 604.517 pelanggan golongan rumah tangga daya, industri kecil, bisnis kecil yang memiliki daya 450 Volt Ampere akan diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

"Jadi jika melebihi dari 720 jam nyala, maka itu dibayarkan secara normal," kata Awaluddin.

Sementara pada 627.491 pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen. Dengan catatan juga dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Selain itu, diberikan pula pembebasan biaya beban atau abonemen kepada sebanyak 58.995 pelanggan dan 141.341 Pelanggan akan mendapatkan pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

"Pada pelanggan pascabayar, diskon akan diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik," urainya.

Baca Juga: Gerak Cepat PLN Bangkitkan Listrik Pascagempa di Sulbar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya