14 Anggota Jemaah Haji Maluku Utara Dirawat si Asrama Haji Sudiang

Tiga di antaranya dirujuk ke rumah sakit

Makassar, IDN Times - Sebanyak 14 anggota jemaah haji asal Halmahera Selatan, Maluku Utara, dirawat di klinik Asrama Haji Sudiang Makassar. Mereka dirawat usai tiba bersama rombongan kloter 13 Debarkasi Makassar, Rabu dini hari (3/7/2024).

Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam menjenguk anggota jemaah yang dirawat, Rabu. Kehadiran Bupati untuk menyemangati dan memberi suntikan moral, dengan harapa mereka bisa segera puluh dan kembali ke daerah asal.

“Mudah-mudahan segera pulih dan sehat kembali agar bisa ikut bersama jemaah lainnya ke Ternate bertemu keluarganya,” kata Bupati Hasan Ali Bassam.

Kloter 13 yang tiba dari Arab Saudi berisi 450 orang. Dengan rincian 437 asal Maluku Utara, lima Petugas Kloter, empat petugas haji daerah PHD. Ada empat tanazul masuk, yakni tiga orang asal Sulawesi Tenggara dan satu orang asal Kabupaten Bone. Dua jemaah Koter 13 UPG ini wafat di tanah suci atas nama Kader Yusup Bada (68) dan Miraji Baba Abu (68).

Baca Juga: Sambut Jemaah Haji Malut, PPIH: Jalan Pintas Masuk Surga

1. Tiga orang dirujuk ke rumah sakit

14 Anggota Jemaah Haji Maluku Utara Dirawat si Asrama Haji SudiangIlustrasi layanan kesehatan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Tubianto Anang Zulfikar, Koordinator Kelompok 3 yang bertugas di Klinik UPT Asrama Haji Makassa mengatakan, saat jemaah haji tiba dari Saudi, diutamakan mengevakuasi anggota yang sakit ke klinik. Sehingga mereka bisa segera mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Anggota jemaah haji Halsel yang dirawat, masing-masing, masing-masing Arifin Abdul Alim, Wa Nbolu Sanusi, Ramli Aksa, Kadrin La Kampiru, Rukiah Yunus Hasan. Berikutnya, Muhammad Amir Samadi, Hafsa Karim Asyik, Abdullah Maula Mahmud, Tati Sumirah Wira Jaya, Rojo Manefo Sibuk, Fatimun Ande, Ali Haji Muhammad, Andi Massulerang dan Nuh Ibrahim.

Dari 14 anggota jemaah kloter 13 yang dirawat di klinik, tiga dirujuk ke rumah sakit. Satu ke Pusat Jantung Terpadu (PJT) Rumah Sakit Umum Pemerintah dr. Wahidin Sudirohusodo, satu lainnya ke RSUP Tadjuddin Khalid.

“Jemaah atas nama Nur Ibrahim dan Kadrin La Kampiru kita rujuk RSWS PJT, sementara bapak Ali Muhammad Ibrahim ke RS Tajuddin,” ujar Pak Anang.

Penanggungjawab Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi - Debarkasi Makassar, dr. Ridha turut membenarkan soal itu. "14 jemaah yang dievakuasi dari Bandara dini hari tadi. ada tiga jemaah yang kita rujuk, dua orang ke PJT dan satu orang ke RS Tadjuddin,” ungkapnya.

2. SOP penanganan jemaah haji, yang sakit dievakuasi ke klinik

14 Anggota Jemaah Haji Maluku Utara Dirawat si Asrama Haji SudiangPenyambutan jemaah haji kloter 13 di Debarkasi Makassar, Rabu (3/7/2024). (Dok. Kemenag Sulsel)

dr. Ridha mengatakan, sudah ada SOP penanganan jemaah yang baru tiba dari tanah suci. Anggota jemaah yang terindikasi sakit diutamakan untuk dievakuasi ke Klinik.

“Saat pesawat mendarat, petugas kesehatan boarding ke atas pesawat, di situ dilihat mana yang butuh cepat dievakuasi dari pesawat, itu kita dahulukan. Sesampainya di Klinik, kita lihat lagi KU-nya (keadaan umum), yang bagus cukup dikasih obat dan istrahat, yang KU-nya tidak bagus kita oservasi bila dianggap perlu penanganan lanjutan maka selanjutnya kita rujuk,” dia menjelaskan.

3. Hingga kloter 13, delapan orang dirujuk dari klinik asrama haji ke rumah sakit

14 Anggota Jemaah Haji Maluku Utara Dirawat si Asrama Haji SudiangJemaah haji tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar usai melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi. (Dok. Kemenag Sulsel)

Lebih lanjut, dr. Ridha menyebutkan, hingga pemulangan kloter 13, sudah delapan anggota jemaah dirujuk dari klinik Asrama Haji Sudiang Makassar ke rumah sakit. Umumnya pasien dirujuk ke RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo dn RSUP Tadjuddin Chalid.

Dari delapan anggota jemaah, satu orang meninggal. Dia bernama Samauna Daeng Dalle, yang dirujuk tanggal 28 Juni 2024 dan meninggal 1 Juli 2024.

Baca Juga: [OPINI] Haji: Antara Ibadah yang Mulia dan Gelar yang Dikejar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya