Sandiaga Uno Jawab Nasib PPP Jika Dirinya Tak Jadi Cawapres Ganjar

Sandiaga beberapa kali bergurai soal warna merah dan hijau

Manado, IDN Times – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, digadang-gadang masuk radar bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo. Namun, saat ini mencuat kabar bahwa Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menghentikan koalisi politik dengan PDI Perjuangan jika Sandiaga Uno tak menjadi bacawapres Ganjar.

Sandiaga tak menampik bahwa isu tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi kader PPP. Di sela kunjungan kerja sebagai Menparekraf di Sulut, Sandiaga juga menyempatkan diri bertemu kader PPP Manado, Bitung, dan Minahasa Utara.

“Terus terang itu yang banyak ditanya oleh kader karena ini sudah mendekati 2 bulan sebelum pendaftaran,” ucap Sandiaga di Likupang, Minut, Rabu (9/8/2023).

1. Sandiaga menyerahkan keputusan ke pimpinan parpol

Sandiaga Uno Jawab Nasib PPP Jika Dirinya Tak Jadi Cawapres GanjarPengurus PPP Jatim saat bersama Ketua Bappilu PPP, Sandiaga Salahudin Uno. Dok. PPP Jatim.

Sandiaga mengaku menyerahkan diskursus soal cawapres ke pimpinan partai politik. Kini ia hanya fokus bekerja agar PPP bisa memberi berkah bagi masyarakat.

“Yaitu dengan konsep harga murah, kerja mudah, hidup barokah. Itu yang akan saya fokuskan,” kata Sandiaga.

Di sisi lain, PPP tengah menyiapkan alat peraga kampanye dan narasi yang akan disampaikan ke masyarakat untuk memilih partai berlogo Ka’bah tersebut.

2. Sandiaga beberapa kali bergurau soal warna merah dan hijau

Sandiaga Uno Jawab Nasib PPP Jika Dirinya Tak Jadi Cawapres GanjarMenparekraf RI, Sandiaga Uno, saat membuka Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023, Selasa (8/8/2023). Dok. Humas Kemenparekraf

Di Sulut, Sandiaga mengunjungi beberapa agenda seperti pembukaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) dan peninjauan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sekaligus Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang. Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga sempat bergurau soal warna merah dan hijau yang harus bersanding.

Misalnya saja saat pembukaan TIFF 2023, Selasa (8/8/2023), Sandiaga diberi outer berwarna merah dengan motif bunga oleh Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk, yang notabene dari PDIP. "Baju merah yang dikasih ini ada pesan khusus dari pak wali ke saya bahwa kelihatannya merah dan hijau ini harus bisa bersinergi dan bersanding dengan baik," ujar Sandiaga diiringi tawa.

Candaan yang sama juga diungkapkan ketika Sandiaga meninjau DPSP Likupang bersama Bupati Minut, Joune Ganda, yang juga dari PDIP. Ketika itu, mereka sedang membahas green tourism yang akan dikembangkan di Likupang. “Hijau di darat karena super penting. Merah di atas, lembayungnya maksudnya,” tutur Sandiaga.

3. Sandiaga tanggapi isu jadi cawapres Ganjar Pranowo

Sandiaga Uno Jawab Nasib PPP Jika Dirinya Tak Jadi Cawapres GanjarMenparekraf RI, Sandiaga Uno, bertemu dengan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, di Restauran Pelangi, Manado, Selasa (8/8/2023). Dok. Kemenparekraf RI

Sebelumnya pada Selasa pagi, Sandiaga langsung bertemu dengan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, yang juga Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan setibanya di Manado. Keduanya sempat berkelakar ketika ditanya soal isu Sandiaga yang masuk bursa cawapres Ganjar Pranowo.

“Biasanya yang datang ke Sulut selalu sukses,” ucap Olly sambal tersenyum.

Respons yang sama juga ditunjukkan Sandiaga. “Kalau soal cawapres saya lapor dulu ke Pak Olly, beliau ini senior,” ucap Sandiaga.

Baca Juga: Di Sulut, Sandiaga Uno Bahas Pariwisata hingga Peluang Cawapres Ganjar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya