Keluarga di Minahasa Tak Percaya Brigadir Ridhal Tewas Bunuh Diri

Ada perbedaan keterangan polisi dan keluarga

Manado, IDNTimes – Anggota Satlantas Polresta Manado, Brigadir Ridhal Ali Tomi, ditemukan meninggal dunia di Jalan Raya Mampang Prapatan IV RT 010/RT 2, Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024). Ia tewas dengan luka tembak di kepala ketika mengemudikan mobil Toyota Alphard B 1544 QH.

Ia meninggalkan seorang istri dan dua anak di Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Ada sejumlah perbedaan keterangan antara pihak kepolisian dengan keluarga.

Polisi mengatakan bahwa Brigadir Ridhal meninggal dunia diduga karena bunuh diri. “Tapi saya tidak percaya, karena saya tahu bertul sifatnya seperti apa,” ujar istri Brigadir Ridhal, Oshin Husain, Sabtu (27/4/2024).

Baca Juga: Polisi Ungkap Dugaan Motif Anggota Polres Manado RAT Akhiri Hidup

1. Jadi ajudan seorang pengusaha

Keluarga di Minahasa Tak Percaya Brigadir Ridhal Tewas Bunuh DiriAnggota kepolisian berinisial Brigadir RAT ditemukan tewas di sebuah mobil dekat Mampang Prapatan, Jaksel pada Kamis (25/4/2024). (dok. Humas Polres Metro Jakarta Selatan)

Polisi menyebut bahwa Brigadir Ridhal merupakan anggota Polresta Manado yang sedang cuti. Namun, Oshin mengatakan bahwa suaminya sudah di-BKO ke Jakarta sejak 2022 untuk menjadi seorang ajudan.

Kala itu, Brigadir Ridhal dibawa oleh seorang polwan ke Jakarta. Namun, Oshin enggan memberi keterangan lebih lanjut.

“Ada, pokoknya (jadi ajudan) seorang bapak pengusaha,” ucapnya singkat.

2. Sempat mengeluhkan pekerjaan

Keluarga di Minahasa Tak Percaya Brigadir Ridhal Tewas Bunuh DiriSuasana rumah duka Brigadir Ridhal Ali Tomi di Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahas, Sulawesi Utara, Jumat (26/4/2024) malam. IDNTimes/Istimewa

Sebelum meninggal, Oshin mengaku bahwa Brigadir Ridhal sempat mengeluhkan soal pekerjaan. Katanya, Ridhal sudah tidak nyaman bekerja di Jakarta.

“Tapi saya juga tidak tahu maksudnya apa,” ucap Oshin.

Pada Lebaran 2024 pun Brigadir Ridhal tidak pulang ke Minahasa. Padahal sebelumnya ia rutin pulang ke Minahasa 3 bulan sekali.

3. Bos Brigadir Ridhal enggan berikan bukti

Keluarga di Minahasa Tak Percaya Brigadir Ridhal Tewas Bunuh DiriMobil yang dikendarai anggota Satlantas Polresta Manado, Brigadir Ridhal Ali Tomi, sebelum tewas di Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024). IDNTimes/Istimewa

Saat Lebaran 2024, Oshin sempat meminta suaminya pulang ke Minahasa meski sebentar. Namun, karena ada tugas yang tak bisa ditinggalkan di Jakarta, Brigadir Ridhal tetap tidak pulang.

Oshin sendiri pertama kali mendapat kabar kematian suaminya dari atasan Brigadir Ridhal melalui telepon. Oshin pun sempat beberapa kali meminta bukti foto maupun video untuk memperjelas insiden yang menimpa suaminya itu.

“Saya sudah coba minta bukti, tetapi bosnya tidak memberikan dengan alasan bisa syok melihat keadaannya,” jelas Oshin.

Baca Juga: Kronologi Polisi Manado Akhiri Hidup di Mampang Prapatan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya