Kampanye di Sulut, Anies Baswedan Tanggapi Permintaan Maaf Prabowo

Pada debat Pilpres 2024, Prabowo sempat minta maaf

Manado, IDN Times – Calon Presiden RI nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan, mengikuti kampanye akbar di dua kota di Sulawesi Utara (Sulut), yaitu Kotamobagu dan Manado, Senin (5/2/2024). Setibanya di Bandara Sam Ratulangi Manado pada sekitar pukul 04.00 Wita, ia disambut sejumlah kader dan pendukungnya.

“Luar biasa. Kami tidak membayangkan ada begitu banyak orang di bandara pukul 04.00 Wita. Saya membayangkan begitu tiba di bandara kami bisa langsung ke hotel untuk istirahat sebentar. Ternyata tidak," katanya saat konferensi pers.

Menurut Anies, hal itu menandakan bahwa tak ada pendukung bayaran dalam kubunya. "Berarti semuanya sedang menjemput perubahan di bandara," sambungnya.

1. Tanggapan Anies soal permintaan maaf Prabowo

Kampanye di Sulut, Anies Baswedan Tanggapi Permintaan Maaf PrabowoCapres RI nomor urut 1, Anies Baswedan, bersama Ketua DPP Partai Nasdem, Surya Paloh, dan Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Felly Runtuwene, saat konferensi pers di Nasdem Tower Manado, Sulawesi Utara, Senin (5/2/2024). IDNTimes/Savi

Saat Debat Kelima Pilpres 2024, Capres RI nomor urut 2, Prabowo Subianto, meminta maaf kepada seluruh pihak baik KPU, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, hingga Anies Baswedan-Cak Imin jika selama ini ada perkataan dan perilaku yang kurang berkenan selama debat. Anies pun memberikan tanggapan singkat soal hal tersebut.

“Oh ya baik-baik saja,” ucapnya sambil tersenyum.

Ketua DPP Partai Nasdem, Surya Paloh, yang turut mendampingi Anies hari ini mengaku selalu impresif dengan Anies. Menurutnya, perdebatan bukan hal yang sulit bagi Anies.

2. Kampanye Koalisi Perubahan diharap menjadi pendidikan politik

Kampanye di Sulut, Anies Baswedan Tanggapi Permintaan Maaf PrabowoCapres RI nomor urut 1, Anies Baswedan, saat didoakan oleh para ulama di Nasdem Tower Manado, Sulawesi Utara, Senin (5/2/2024). IDNTimes/Savi

Selain perdebatan, menurut Surya yang paling penting adalah kampanye Koalisi Perubahan menjadi bagian dari proses pendidikan politik bagi masyarakat. Hal itu guna mewujudkan pemilu sesuai dengan azas demokrasi.

“Pemilu yang bersih, beradab, berkeadilan, yang tidak diintervensi oleh pihak manapun,” kata tutur Surya.

Menurutnya, jika ada hal yang tidak sesuai dengan azas demokrasi sekarang adalah saat yang tepat untuk mengakhirinya. Untuk itu, pemilu seharusnya menjadi kemenangan Bangsa Indonesia, bukan hanya pihak tertentu.

3. Tiga hal yang ditegaskan Anies di Kotamobagu

Kampanye di Sulut, Anies Baswedan Tanggapi Permintaan Maaf PrabowoCapres RI nomor urut 1, Anies Baswedan, menyapa para pendukungnya di Nasdem Tower, Manado, Sulawesi Utara, Senin (5/2/2024). IDNTimes/Savi

Usai menyapa pendukungnya di Manado, Anies langsung bertolak ke Kotamobagu. Di sana, ia menggelar kampanye terbuka di Lapangan Matali dan Molinow.

Ada 3 hal yang ditekankan Anies selama kampanye di Kotamobagu, yaitu pemerataan pendidikan dengan membangun universitas negeri, pengolahan sumber daya alam, hingga pengelolaan administrasi yang baik. Menurutnya, ketiga hal tersebut menjadi kunci membuat masyarakat sejahtera.

"Pastikan kemenangan kita tidak hanya di pilpres, tapi pileg juga," ujar Anies.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Kampanye Akbar di Manado, Yakin Menang 1 Putaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya