Jokowi Resmikan Bendungan Lolak dan IJD di Sulawesi Utara

AHY turut mendampingi Jokowi di Sulut

Manado, IDN Times – Presiden RI, Joko 'Jokowi' Widodo, meresmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (23/2/2024). Ia didampingi keempat menterinya, yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR); dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang baru saja dilantik, Agus Harimurti Yudhoyono.

Proyek dengan nilai Rp2,02 triliun ini diklaim mampu menjadi solusi kekurangan air dan pengendalian bajir di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR). Bendungan Lolak sendiri memiiki kapasitas 16 juta meter kubik.

“Ke depan, urusan air, urusan energy, akan menjadi sebuah persoalan besar kalau kita tidak siapkan sekarang, kalau kita tidak kelola mulai dari sekarang,” kata Jokowi.

1. Bendungan Lolak mampu reduksi banjir hingga 29 persen

Jokowi Resmikan Bendungan Lolak dan IJD di Sulawesi UtaraBendungan Lolak di Kabupaten Bolmong, Sulawesi Utara, Jumat (23/2/2024). IDNTimes/Kementerian PUPR

Sebagai lumbung padi Sulut, wilayah BMR membutuhkan banyak air untuk persawahan. Dengan kapastas 16 juta meter kubik, Bendungan Lolak diharapkan mampu mengairi 2.200 hektare sawah.

Tak hanya itu, Bendungan Lolak juga diharapkan mampu mengurangi 29 persen risiko banjir di wilayah BMR. Kemudian, Bendungan Lolak juga bisa digunakan untuk memproduksi energi, yaitu listrik ecohydro.

2. Indonesia baru memiliki 292 bendungan

Jokowi Resmikan Bendungan Lolak dan IJD di Sulawesi Utarailustrasi bendungan (Unsplash.com/Rahul Pabolu)

Ternyata, jumlah bendungan di Indonesia masih jauh dari jumlah bendungan di negara lain. Sejumlah negara memiliki puluhan ribu bendungan, sedangkan Indonesia baru 292 bendungan.

“Padahal kita memiliki 4.400-an sunga. Untuk ilustrasi, RRT China memiliki 98 ribu bendungan, Korea Selatan memiliki kurang lebih 20 ribu bendungan,” terangnya.

Ia berharap semakin banyaknya bendungan di Indonesia, semakin meningkat pula pengelolaan sumber daya air.

3. Jokowi juga resmikan IJD

Jokowi Resmikan Bendungan Lolak dan IJD di Sulawesi UtaraPresiden RI, Joko Widodo, saat meresmikan Instruksi Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Bolmong, Sulawesi Utara, Jumat (23/2/2024). IDNTimes/BPMI Setpres

Selain Bendungan Lolak, Jokowi juga meresmikan Instruksi Jalan Daerah (IJD) Sulut di Bolmong. Pemerintah pusat telah menyediakan dana Rp183 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 untuk perbaikan sembilan ruas jalan dengan panjang total 59 kilometer.

Presiden Joko Widodo pada Jumat, 23 Februari 2024, meresmikan pelaksanaan Instruksi Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat dalam memperbaiki infrastruktur jalan dan meningkatkan konektivitas antarwilayah di provinsi tersebut.

Selain meningkatkan kualitas jalan, proyek ini mampu memperkuat perekonomian lokal dengan mempercepat distribusi barang dan jasa di Sulut. Dengan meningkatnya konektivitas antar wilayah, masyarakat bisa mendapatkan solusi dari harga barang yang mahal di Sulut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sapa Masyarakat di Mega Mall Manado

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya