Gunung Ruang di Sulut Berstatus AWAS, Ini Wilayah Terdampak Erupsi

Status Gunung Ruang naik ke level AWAS pada Selasa hari ini

Intinya Sih...

  • Status Gunung Ruang naik ke level IV atau AWAS setelah erupsi pada Selasa (30/4/2024).
  • Masyarakat di sekitar Gunung Ruang diminta waspada dan tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif.
  • BNPB mencatat 6.609 jiwa mengungsi dan 14.045 jiwa terdampak, dengan kerugian materil seperti rumah rusak dan sarana ibadah terdampak.

Manado, IDN Times - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali menaikkan status Gunung Ruang menjadi level IV atau AWAS, usai terjadi erupsi pada Selasa (30/4/2024), pukul 01.30 WITA.

Status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) itu dinaikkan setelah gunung api berjenis stratovolcano tersebut kembali meletus dan mengeluarkan kolom erupsi mencapai 2.000 meter dari puncak gunung disertai suara gemuruh dan getaran gempa yang terjadi secara terus menerus.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan menerangkan, masyarakat di sekitar Gunung Ruang diminta waspada dan tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif.

Sementara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat wilayah terdampak erupsi Gunung Ruang tersebut di berbagai daerah di Sulut.

Kabupaten Sitaro

Gunung Ruang di Sulut Berstatus AWAS, Ini Wilayah Terdampak ErupsiSejumlah rumah warga rusak parah akibat erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Dok. Basarnas Manado

Berikut daftar wilayah di Kecamatan Tagulandang yang terdampak erupsi Gunung Ruang:

- Desa Pumpente
- Desa Laingpatehi
- Kelurahan Bahoi
- Kelurahan Balehumara
- Desa Mahangiang
- Desa Tulusan
- Desa Barangka Pehe
- Desa Apengsala
- Desa Lesah Rende
- Desa Pahiama
- Desa Boto
- Desa Lesah

Akibat erupsi Gunung Ruang, BNPB mencatat 6.609 jiwa mengungsi dan 14.045 jiwa terdampak. Rinciannya yaitu; di Kabupaten Sitaro, sebanyak 1.897 KK yang terdiri dari 6.267 jiwa mengungsi ke 13 titik. Sementara korban terdampak sebanyak 14.045 jiwa yang terdiri dari 6.842 laki-laki dan 7.044 perempuan.

Kabupaten Minahasa Utara

Gunung Ruang di Sulut Berstatus AWAS, Ini Wilayah Terdampak ErupsiErupsi Gunung Ruang (ANTARA/HO-Basarnas/aa.)

Di Kabupaten Minahasa Utara, erupsi Gunung Ruang berdampak ke empat kecamatan, yaitu:

• Kecamatan Likupang Barat
• Kecamatan Wori
• Kecamatan Likupang Timur
• Kecamatan Likupang Selatan

BNPB merincikan, jumlah korban di Kabupaten Minahasa Utara yang terdampak erupsi yaitu sebanyak 208 jiwa terdiri dari 89 laki-laki, 119 perempuan, 1 orang bayi, 9 batita, 13 balita, 37 anak-anak, dan 20 orang lansia mengungsi di 12 titik.

Kota Manado

Gunung Ruang di Sulut Berstatus AWAS, Ini Wilayah Terdampak ErupsiErupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Jumat (19/4/2024). Dok. PVMBG

Erupsi Gunung Ruang juga berdampak ke Kota Manado, ibu kota Sulawesi Utara, di mana 134 jiwa dilaporkan telah mengungsi di 17 titik pengungsian. Sementara kerugian materil di antaranya yaitu;

- 3.331 unit rumah terdampak
- 363 unit rumah rusak
- 31 Unit sarana Ibadah terdampak
- 11 unit perkantoran Terdampak
- 21 unit sarana pendidikan terdampak
- 5 unit sarana kesehatan

Baca Juga: Aktivitas Gunung Ruang Meningkat, Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya