Ganjar Pranowo Kampanye Akbar di Manado, Yakin Menang 1 Putaran

Ganjar singgung Mahfud MD satu-satunya menteri yang mundur

Manado, IDN Times – Calon Presiden RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menghadiri kampanye akbar di Lapangan Wolter Mongisidi, Kecamatan Sario, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (1/2/2024). Ia datang bersama Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa dan sang istri, Diah Erwiany.

Sebelum kampanye terbuka di Manado, rombongan Ganjar sempat mengunjungi BPMS GMIM dan Pasar Ekstrem Tomohon. Di Manado, Ganjar disambut ribuan simpatisan dan relawan.

“Hari ini saya merasa bergetar di Manado. Sudah terdengar dan terasa gelombang kemenangan mutlak satu putaran,” katanya saat orasi.

1. Para pendukung diminta tak gentar hadapi ancaman

Ganjar Pranowo Kampanye Akbar di Manado, Yakin Menang 1 PutaranCapres RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saat kampanye di Lapangan Wolter Mongisidi, Sario, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (1/2/2024). IDNTimes/Savi

Saat orasi, Ganjar membahas sejumlah tekanan yang dirasakan dirinya dan tim ketika berkampanye. Terakhir, pendukungnya diduga dianiaya oknum aparat saat kunjungan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para pendukungnya pun diminta tak gentar menghadapi berbagai ancaman yang dikeluarkan pihak tertentu. Jika memang ada yang mendapat kekerasan dari pihak tertentu, para pendukung diminta melapor ke pihak berwajib.

“Jangan takut mendukung nomor 3. Buktikan besok di TPS tanggal 14 Februari 2024,” serunya.

2. Ganjar singgung Mahfud MD satu-satunya kontestan yang mundur dari jabatan

Ganjar Pranowo Kampanye Akbar di Manado, Yakin Menang 1 PutaranSeorang pendukung menggunakan kostum banteng saat kampanye akbar Capres RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo, di Lapangan Wolter Mongisidi, Sario, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (1/2/2024). IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Ganjar menyatakan, ia bersama Mahfud MD ingin membuktikan integritas mereka sebagai negarawan. Hal ini ditunjukkan melalui mundurnya Mahfud MD sebagai Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

“Sekarang bapak/ibu melihat banyak pejabat yang mendukung sana-sini, terlibat kontestasi. Dan Pak Mahfud satu-satunya menteri dalam kontestasi yang mundur dari jabatan,” ujar Ganjar disambut sorak para pendukung.

Mundurnya Mahfud MD dari kabinet Jokowi sudah dipikirkan matang-matang, menurut Ganjar. Pasangan nomor urut 3 ini tak ingin dituding menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara.

Baca Juga: Di Manado, Kaesang Pangarep Buka Suara soal Gibran Cawapres Prabowo

3. Ganjar ingin Sulut menjadi pintu perdagangan Indonesia di bagian utara

Ganjar Pranowo Kampanye Akbar di Manado, Yakin Menang 1 PutaranCapres RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saat duet dengan Slank di Lapangan Wolter Mongisidi, Sario, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (1/2/2024). IDNTimes/Savi

Jika terpilih menjadi Presiden RI, Ganjar Pranowo berjanji akan menjadikan Sulut sebagai pintu perdagangan Indonesia di bagian utara. Ia juga akan lebih mengutamakan masyarakat Sulut untuk mengisi pekerjaan yang ada di dalam daerah.

Namun sebelumnya, kualitas sumber daya manusia (SDM) harus ditingkatkan agar bisa mengisi posisi tersebut. “Itu akan menimbulkan pertumbuhan ekonomi yang baru dan Sulut bisa berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tuturnya.

Di akhir kampanye, Ganjar sempat berduet dengan Slank membawakan lagu Orkes Sakit Hati. Lagu tersebut sarat dengan pesan agar pemimpin termasuk Ganjar tidak mengingkari janji ketika duduk di kursi kekuasaan.

Baca Juga: Siti Atikoh Kampanyekan Program UMKM Ganjar-Mahfud di Manado

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya