3 Parpol di Sulawesi Utara Sambut Baik Masuknya PAN dan Golkar ke KKIR

PKB Sulut yakin Cak Imin jadi cawapres Prabowo

Manado, IDN Times - Tiga partai besar, Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) merapat ke Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan masuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Mereka mengumumkan akan berkomitmen mendukung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, menjadi Calon Presiden 2024 pada Minggu (13/8/2023).

Keputusan ini juga disambut baik oleh pengurus parpol di daerah. “Tentu sangat gembira,” ujar Ketua DPD Gerindra Sulawesi Utara, Conny L Rumondor, Senin (14/8/2023).

Conny mengatakan bahwa di tanggal yang sama pada tahun lalu, PKB dan Gerindra memutuskan berkoalisi untuk mendukung Prabowo. “Ini juga pas setahun koalisi dengan PKB,” tambah Conny.

1. Parpol mulai bergerak sosialisasikan Prabowo

3 Parpol di Sulawesi Utara Sambut Baik Masuknya PAN dan Golkar ke KKIRPoster dukungan DPD Partai Golkar Sulawesi Utara untuk Capres Prabowo Subianto. Dok. Golkar Sulut

Pimpinan keempat parpol KKIR di daerah mulai menginstruksikan anggotanya untuk menyosialisasikan koalisi dan juga Prabowo sebagai capres. “Seluruh jajaran dan DPD Partai Golkar Sulut dan caleg segera sosialisasikan koalisi besar ini,” kata Ketua DPD Golkar Sulut, Christiany Eugenia Paruntu.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (DPP AMPI), Jerry Sambuaga, mengatakan bahwa menyosialisasikan Prabowo di Sulut tak akan sulit sebab Menhan RI tersebut juga berdarah Minahasa.

“Prabowo punya kedekatan khusus dengan Sulut karena ibunya berasal dari Minahasa,” ujar lelaki yang juga menjabat sebagai Wamendag RI ini.

2. Parpol koalisi akan bertemu dalam waktu dekat

3 Parpol di Sulawesi Utara Sambut Baik Masuknya PAN dan Golkar ke KKIRDeklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dengan bergabungnya Golkar dan PAN, Ketua DPC Gerindra Manado, Louis Schramm, optimis pihaknya bisa menjadi pemenang. Pasalnya, suara dari kempat parpol dalam KKIR sudah mencapai 265 kursi atau 46 persen dari jumlah kursi di DPR RI.

Jumlah tersebut sudah sesuai dengan peraturan untuk mengusung capres. Dalam waktu dekat, Louis Schramm mengatakan pihaknya akan bertemu dengan partai koalisi.

"Kami akan bersilahturami ke partai  koalisi dan partai pendukung untuk membahas langkah pemenangan selanjutnya," jelas Louis.

Baca Juga: PAW Anggota DPRD di Sulut Terus Berproses, Mayoritas Pindah Partai 

3. PKB Sulut Prabowo pilih Cak Imin jadi cawapres

3 Parpol di Sulawesi Utara Sambut Baik Masuknya PAN dan Golkar ke KKIRKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar bersama Pengurus DPP PKB bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (31/10/2022) (dok. Sekretariat Presiden)

PKB turut menyambut kedatangan PAN dan Golkar dalam koalisi mereka. Sekretaris PKB Sulut, Yusra Alhabsyi, mengaku tak akan sulit memnyosialisasikan Prabowo.

“Kami lihat warga Sulut memberikan respon positif ke Pak Prabowo dibanding pemilu beberapa tahun lalu,” kata Yusra.

Di sisi lain, Yusra mengatakan bahwa Prabowo ideal jika berdampingan dengan Cak Imin. “Kami yakin koalisi ini akan tetap mengusung Prabowo dan Muhaimin,” tambah Yusra.

Baca Juga: Di Sulut, Sandiaga Uno Bahas Pariwisata hingga Peluang Cawapres Ganjar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya