Penumpang Kapal di Ambon Ketahuan Bawa 160 Liter Miras Sopi

Disembunyikan oleh penumpang kapal dalam tumpukan pakaian

Ambon, IDN Times – Aparat TNI AL dari Yonmarhanlan IX, menggagalkan penyelundupan minuman keras (miras) tradisional jenis sopi yang dibawa seorang penumpang KM Labobar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku, Minggu (28/1/2024) malam. Setelah disita, sopi sebanyak 160 liter ini dimusnahkan.

Komandan Yonmarhanlan IX Ambon, Mayor Marinir Tamyasin Hehanusa, menjelaskan, penyelundupan sopi terendus berawal ketika aparat Yonmarhanlan IX memeriksa satu per satu barang bawaan penumpang KM Labobar.

Dari sekian penumpang, kata Tamyasin, dicurigai seorang penumpang karena gelagatnya mencurigakan saat menaiki tangga menuju anjungan KM Labobar.

“Kemudian aparat mencegatnya seorang penumpang itu untuk diperiksa barang bawaannya,” jelas Tamyasin kepada jurnalis di Ambon, Senin (29/1/2024).

1. Sopi disembunyikan dalam tas berisi pakaian

Penumpang Kapal di Ambon Ketahuan Bawa 160 Liter Miras SopiIDN Times/Dispen Lantamal IX

Setelah tas pelaku diperiksa, kata Tamyasin, aparat Yonmarhanlan IX yang tergabung dalam tim pengamanan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon menemukan sopi yang disembunyikan di dalam tas.

Tamyasin mengatakan, awalnya dikira hanya sedikit tetapi setelah melakulan pemeriksaan secara detail lebih dari satu tas. Ternyata sopi yang hendak diselundupkan sebanyak 180 liter.

“Sopi dikemas 25 plastik bening panjang, 5 buah jerigen berisi 5 liter, 7 buah botol berisi 1,5 liter dan 21 buah botol berisi 600 ml,” jelasnya.

Setelah disita lalu dimusnahkan oleh petugas gabungan dengan cara dituang dari atas pelabuhan ke dalam air.

Baca Juga: Gedung SD di Maluku Tengah Terbakar saat Guru dan Siswa dalam Kelas  

2. Ketat awasi peredaran miras di pelabuhan

Penumpang Kapal di Ambon Ketahuan Bawa 160 Liter Miras SopiIlustrasi Infrastruktur (Pelabuhan) (IDN Times/Arief Rahmat)

Tamyasin menegaskan akan terus memerangi dan mencegah masuk dan keluarnya barang illegal di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

"Guna mencegah terjadinya tindak kejahatan ataupun hal-hal yang tidak dinginkan yang berpotensi menggangu keamanan dan ketertiban Masyarakat," katanya.

Sementara itu, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina mengapresiasi kinerja aparat Yonmarhanlan IX. Said menyebutkan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk mengawasi dan mencegah keluar masuk barang terlarang lewat laut termasuk diantaranya miras.

Baca Juga: Rumah Seorang Camat di Maluku Terbakar, Diawali Bunyi Ledakan Besar

Husein Ahmad Photo Community Writer Husein Ahmad

Petualang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya