Operasi Keselamatan Salawaku 2024 Maluku, Ini Sasaran Penindakannya

Operasi tersebut akan berlangsung selama 14 hari

Ambon, IDN Times -  Sebelum menggelar operasi terpusat dengan sandi keselamatan Salawaku 2024, maka Polda Maluku mengawalinya dengan pra pelatihan bagi para personel yang mengikuti kegiatan tersebut, Rabu (28/2/2024).

Direktur Lalu Lintas Polda Maluku, Kombes Pol Rusdy Pramana Suryanagara SIK mengatakan operasi itu bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

Selain itu, kata Rusdy menjaga harkamtibmas jelang Idul fitri di wilayah hukum Provinsi Maluku.

1. Operasi akan berlangsung selama 14 hari

Operasi Keselamatan Salawaku 2024 Maluku, Ini Sasaran PenindakannyaPersonil Polda Maluku yang akan mengikuti operasi terpusat dengan sandi Keselamatan Salawaku saat mengikuti pra operasi.(Dok Humas Polda Maluku)

Operasi yang akan dilaksanakan selama 14 hari ini juga untuk mengupayakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) Polda Maluku.

"Operasi keselamatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran masyarakat dalam berlalu lintas," katanya.

Para personel yang akan melaksanakan operasi diminta untuk melakukan deteksi dini pengamanan dan pemetaan terhadap lokasi rawan pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Para personel juga diingatkan untuk melaksanakan binluh kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas serta sosialisasi penyuluhan melalui pemasangan baliho banner dan lainnya.

2. Fokus penindakan saat operasi digelar

Operasi Keselamatan Salawaku 2024 Maluku, Ini Sasaran PenindakannyaIlustrasi polantas razia.(Dok Humas Polda Maluku)

"Laksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi lokasi macet dan rawan kecelakaan. Lakukan penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE statis dan Mobile serta Blanko Teguran," pintanya 

Dia  juga meminta personel mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, guna meningkatkan simpati disiplin masyarakat terhadap Polisi Lalu Lintas. 

"Kepada seluruh personil yang melaksanakan operasi dapat bekerja dengan profesional serta tidak memperburuk citra polri di mata publik," ingatnya.

Baca Juga: Oknum Perwira Polisi di Maluku Diduga Tak Netral di Pemilu 2024

Husein Ahmad Photo Community Writer Husein Ahmad

Petualang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya