Hasil Visum Babinsa Meninggal di Laut Ambon: Murni Kecelakaan

Jasad Serka Elisa Souisa divisum di RST Ambon

Ambon, IDN Times - Jenazah Serka Elisa Souisa (49) telah divisum usai ditemukan meninggal dunia di Pesisir Pantai Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Maluku, Kamis (1/2/2024) pukul 18.30 WIT.

Jasadnya divisum oleh tim dokter Rumah Sakit Tentara (RST) TK II dr. JA Latumeten Ambon. 

Komandan Kodim 1504 Ambon, Letkol Inf. Leo Octavianus M Sinaga menjelaskan hasil visum menunjukan bahwa Elisa meninggal dunia karena murni kecelakaan laut.

"Memang betul ditemukan jauh dari lokasi kejadian, yakni Perairan Teluk Ambon. Hal ini disebabkan jenazahnya hanyut hingga ke Pesisir Pantai Amahusu," jelasnya kepada wartawan di Ambon, kemarin.

Octavianus mengatakan setelah adanya hasil visum maka jenazah Elisa akan dikembalikan ke pihak keluarga untuk dikebumikakan secara militer.

1. Jenazah Elisa dikembalikan ke pihak keluarga untuk dikebumikan

Hasil Visum Babinsa Meninggal di Laut Ambon: Murni KecelakaanTim SAR gabungan mengevakuasi jenazah Serka Elisa Souisa di Pesisir Pantai Tirta, Kecamatan Nusaniwe, Ambon Maluku.(IDN Times/Basarnas Ambon)

Atas kejadian ini, Octavianus menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Elisa. Dia menegaskan sebab kejadian yang dialaminya murni kecelakaan laut. 

Awalnya Elisa sedang memancing pada Rabu (31/1/2024) malam. Tak lama kemudian, perahunya terbalik karena cuaca buruk. Dia pun dilaporkan tenggelam dalam kejadian tersebut di perairan teluk Ambon.

Setelah itu, kata Kepala Basarnas Ambon M Arif Anwar tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Ambon, PolAirud Polda Maluku dan Lantamal Ambon langsung melakukan pecarian di Perairan Teluk Ambon. 

Baca Juga: Babinsa Hilang usai Perahu Terbalik di Laut Ambon Ditemukan Meninggal 

2. Bergerak cepat mencari Elisa usai mendapat informasi dia tenggelam

Hasil Visum Babinsa Meninggal di Laut Ambon: Murni KecelakaanTim SAR sedang mencari Elisa di sekitar Perairan Teluk Ambon, tepatnya dibawah Jembatan Merah Putih.(IDN Times/Basarnas Ambon).

"Kita bergerak cepat mencari, tetapi hingga Kamis dini hari Elisa belum juga menemukan tanda-tanda keberadaannya," ujarnya.

Seharian mencari, akhirnya Serka Elisa Souisa (49) ditemukan meninggal dunia di Pesisir Pantai Desa Amahusu, tepatnya di kawasan Tirta Kencana pada Kamis (1/2/2024) pukul 18.20 WIT. 

Setelah itu, anggota Babinsa Koramil 02 Baguala dari Kodim 1504 Ambon itu lalu dievakuasi menuju RST TK II dr. JA Latumeten Ambon.

Anwar mengatakan dengan ditemukan Elisa maka operasi SAR resmi dihentikan pada Kamis (1/2/2024). Unsur SAR yang terlibat dikembalikan pada satuan mereka masing-masing. 

Dia pun mengapresiasi dedikasi dan kerja keras dari tim SAR gabungan saat mencari Elisa. "Meski melibatkan berbagai unsur, tetapi tim SAR sangat kompak dan memiliki dedikasi yang tinggi," ungkapnya. 

Baca Juga: Basarnas Ambon Setop Pencarian Pria Hilang di Laut, Keluarga Ikhlas

Husein Ahmad Photo Community Writer Husein Ahmad

Petualang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya