Babinsa Hilang usai Perahu Terbalik di Laut Ambon Ditemukan Meninggal 

Kala itu, Serka Elisa Souisa sedang memancing

Ambon, IDN Times – Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Serka Elisa Souisa (49) dalam keadaan meninggal dunia di Pesisir Pantai Tirta, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Maluku, Kamis (1/2/2024) pukul 18.20 WIT.    

Elisa hilang usai perahunya terbalik, Rabu (31/1/2024) malam. Saat itu, anggota Babinsa Koramil 02 Baguala dari kesatuan Kodim 1504 Ambon ini, sedang memancing di Perairan Teluk Dalam Kota Ambon.

Kepala Basarnas Ambon, M Arif Anwar menjelaskan, operasi SAR sudah berlangsung semenjak pertama kali mendapat informasi perahu Elisa terbalik dan dia pun tenggelam pukul 23.40 WIT. 

“Pencarian dimulai pukul 00.40 WIT, namun hingga pukul 03.00 WIT Elisa belum juga ditemukan,” jelas Arif melalui keterangan tertulis, Kamis (1/2/2024) malam.

1. Pencarian hari kedua mulai pukul 07.00 WIT

Babinsa Hilang usai Perahu Terbalik di Laut Ambon Ditemukan Meninggal Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Ambon, Polairud Polda Maluku dan Lantamal IX tengah melakukan pencarian di sekitar Jembatan Merah Putih Ambon.(IDN Times/Basarnas Ambon))

Arif mengatakan, operasi SAR hari kedua dimulai pukul 07.00 WIT. Pencarian difokuskan pada empat lokasi yang merujuk pada SAR maps. Dimana personil Basarnas Ambon bergerak menggunakan Rigit Buoyancy Boat (RBB) menuju arah Barat Daya.  

Disusul Rigid Inflatable Boat (RIB) Polairud Polda Maluku, Rubber Boat Lantamal IX Ambon, dan longboat masyarakat mencari sejauh -+ 10 Nm arah Timur.

“Selain itu, ada tim penyelam dari Basarnas Ambon dan TNI AD. Mereka menyelam pukul 14.00 WIT, di sekitar lokasi kejadian dengan kedalaman 12 meter,” jelasnya.

2. Drone thermal diterbangkan memantau dari udara

Babinsa Hilang usai Perahu Terbalik di Laut Ambon Ditemukan Meninggal Dalam pencarian ini, Basarnas Ambon juga menerbangkan drone thermal guna melakukan pemanataun dari udara.(IDN Times/Basar Ambon)

Dalam pencarian ini, juga menerbangkan drone thermal milik Basarnas Ambon. Arif menjelaskan, drone berfungsi memantau dan mencari keberadaan Elisa dari udara.

Meski begitu, operasi SAR yang berlangsung dari pagi hingga siang belum juga menemukan tanda-tanda keberadaan Elisa.

Setelah sore, Arif melanjutkan tepat pukul 18.00 WIT, Elisa berhasil ditemukan sekitar 300 meter di Pesisir Pantai Tirta Kencana.

Baca Juga: Penumpang Kapal di Ambon Ketahuan Bawa 160 Liter Miras Sopi

3. Saat ditemukan, Elisa sudah meninggal dunia

Babinsa Hilang usai Perahu Terbalik di Laut Ambon Ditemukan Meninggal Kepala Basar Ambon, M Arif Anwar usai menyerahkan jenazah Serka Elisa Souisa (49) kepada Komandan Kodim 1504/Ambon, Letkol Inf. Leo Octavianus M. Sinaga.(IDN Times/Basarnas Ambon))

”Saat ditemukan Elisa sudah meninggal dunia. Jenazah selanjutnya di bawa tim SAR gabungan menuju RST Ambon,” jelasnya. 

Jenazah Elisa kemudian diserahkan kepada Komandan Kodim 1504/Ambon, Letkol Inf. Leo Octavianus M. Sinaga yang sudah menunggu di RST.

Dengan begitu, kata Arif maka operasi SAR resmi ditutup dan seluruh unsur potensi SAR dikembalikan ke satuan masing-masing.   

Baca Juga: Basarnas Ambon Setop Pencarian Pria Hilang di Laut, Keluarga Ikhlas

Husein Ahmad Photo Community Writer Husein Ahmad

Petualang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya