Anak Usia 3 Tahun Jatuh di Laut Maluku Tenggara saat Ayahnya Tidur

Dia ditemukan dalam kondisi meninggal dunia

Ambon, IDN Times - Seorang anak bernama Niksuri (3) jatuh dari atas KM Sabuk Nusantara 106 saat kapal ini berada di Perairan Pulau Tayando dan Pulau Kur, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. 

Kepala Basarnas Ambon, Muhammad Arif Anwar menjelaskan Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu malam (24/2/2024). Awalnya kata Arif, Niksuri bersama ayahnya berangkat dari Kota Tual dengan tujuan Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku. 

Saat kapal sampai di antara Perairan Pulau Tayando dan Pulau Kur, Niksuri tiba-tiba terjatuh dari atas kapal tanpa diketahui oleh ayahnya. 

1. Niksuri dan ayahnya tidur di railing kanan kapal

Anak Usia 3 Tahun Jatuh di Laut Maluku Tenggara saat Ayahnya TidurIlustrasi operasi SAR.(Dok Basarnas Ambon)

"Kejadian ini adalah murni kelalaian orang tua yang tidur bersama anaknya di railing lambung kanan kapal sehingga menyebabkan anaknya terjatuh," jelas Arif kepada wartawan di Ambon, Rabu (28/2/2024). 

Setelah mendapat informasi jatuhnya Niksuri, tim SAR gabungan yang terdiri Pos SAR Tual, Bakamla, Polairud Polda Maluku, dan masyarakat kemudian melakukan pencarian. 

Hingga operasi SAR hari pertama dan kedua dilakukan Niksuri belum berhasil ditemukan. 

Dalam operasi SAR hari ketiga, lanjut Arif menggunakan RIB 04, tim SAR gabungan bergerak menuju sejumlah titik koordinat sesuai SAR Maps guna melakukan pencarian.

2. Ditemukan dalam keadaan meninggal dunia

Anak Usia 3 Tahun Jatuh di Laut Maluku Tenggara saat Ayahnya TidurJasad Niksuri dievakuasi ke mobil ambulance.(Dok Basarnas Ambon)

Tiga jam pencarian, sejauh -+ 25 NM, pukul 10.20 WIT, tim SAR gabungan menerima informasi dari masyarakat bahwa Niksuri berhasil ditemukan di sekitar Pantai Desa Ad, Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara dalam keadaan meninggal dunia. 

"Barulah dihari ketiga korban ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia," ujarnya. 

Dengan ditemukannya, maka operasi SAR resmi ditutup. Seluruh Unsur potensi SAR dikembalikan ke satuannya masing-masing.

Baca Juga: Operasi Keselamatan Salawaku 2024 Maluku, Ini Sasaran Penindakannya

Husein Ahmad Photo Community Writer Husein Ahmad

Petualang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya