Pengalaman Pertama Nyoblos di TPS, Khawatir hingga Takut Salah

#GenZMemilih Prosesnya bikin deg-degan, tapi tetap lancar!

Pada tanggal 14 Februari 2024, pemilu disambut dengan baik oleh warga Kompleks Graha Surandar 3. Mereka berbondong-bondong menggunakan hak suaranya di TPS 038 Kelurahan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Penulis mengamati bahwa suasana pemilu di lokasi TPS berjalan dengan damai dan lancar. Pesta demokrasi kali ini cukup berkesan bagi penulis, apalagi ini adalah pengalaman pertama terlibat dalam Pemilu.

1. Berbagai pertanyaan hadir di benak sebelum Pemilu berlangsung

Pengalaman Pertama Nyoblos di TPS, Khawatir hingga Takut SalahSuasana pencoblosan Pemilu di TPS 038 Kelurahan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu (Dok. Pribadi/Fina Efendi)

Sebagai Gen Z, penulis untuk pertama kalinya memiliki hak pilih dalam Pemilu 2024 ini. Saya dengan cermat mencoba mencari tahu berbagai rekam jejak pasangan calon presiden dan wakil presiden, hingga visi dan misinya, agar dapat menggunakan hak suara dengan baik. 

Untuk pertama kalinya pula, penulis beserta tiga anggota keluarga mendatangi lokasi TPS bersama. Kami dengan kompak mencoblos paslon pilihan masing-masing. Kami memiliki pilihan yang berbeda-beda, tapi tetap berusaha menghargai satu sama lain tanpa saling mengejek terkait pandangan politik yang tidak sama. Dengan begitu, tak terjadi konflik di antara kami.

Berbagai kekhawatiran dan pertanyaan juga sempat terlintas di benak penulis sebelum mencoblos. Penulis sempat khawatir kesulitan melipat kembali surat suara hingga mempertanyakan apakah ada batas waktu di bilik suara. 

Penulis cukup gugup karena berbagai hal yang terkesan sederhana itu dalam pengalaman pertama mengikuti Pemilu ini. Saking gugupnya, penulis sampai hampir membawa pergi paku yang disediakan usai mencoblos di bilik suara. Untunglah, hal itu tak sampai terjadi. 

Prosesnya tetap berjalan lancar karena penulis sudah mencari tahu segalanya sebelum datang ke lokasi TPS. Penulis dengan aktif menanyakannya pada orangtua hingga menemukan berbagai jawaban atas sejumlah pertanyaan lain melalui internet.

2. Suasana di TPS damai dan dilengkapi dengan minum untuk para pemilih

Pengalaman Pertama Nyoblos di TPS, Khawatir hingga Takut SalahSuasana pencoblosan Pemilu di TPS 038 Kelurahan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu (Dok. Pribadi/Fina Efendi)

Masih banyak warga yang memadati lokasi TPS saat penulis tiba pada pukul 11.00 WITA. Mereka tampak antusias untuk menggunakan hak suaranya. Beberapa orang duduk dengan tenang menanti giliran untuk mencoblos di bilik suara. 

Sementara itu, warga lainnya tampak saling mengobrol satu sama lain hingga membuat suasana pemilu ini terkesan hangat dan jadi ajang untuk menyambung silahturahmi. Beberapa anak-anak juga hadir dalam mengamati proses Pemilu yang berlangsung. 

TPS juga dilengkapi dengan teh, kopi, dan air gelas mineral yang bisa dinikmati warga kompleks selagi menunggu giliran untuk mencoblos. Selain itu, berbagai lagu ternama dari artis Indonesia juga diputar untuk mengurangi rasa bosan bagi pemilih. Petunjuk berupa larangan dokumentasi di bilik suara juga disertakan, hingga menjamin proses Pemilu ini berlangsung dengan mengikuti prinsip luber jurdil.

Baca Juga: Unik, Petugas TPS di Gowa Kompak Kenakan Pakaian Adat

3. Totalitas petugas KPPS

Pengalaman Pertama Nyoblos di TPS, Khawatir hingga Takut SalahSuasana pencoblosan Pemilu di TPS 038 Kelurahan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu (Dok. Pribadi/Fina Efendi)

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan aktif beri instruksi pada warga dalam proses mencoblos. Ada tujuh petugas KPPS yang bertanggung jawab menjalankan tugasnya di TPS 038 Kelurahan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu. Mereka telah bagikan surat pemberitahuan pemungutan suara tiga hari sebelum Pemilu pada warga kompleks. 

Petugas KPPS juga berulang kali mengimbau pemilih untuk mengecek capres-cawapres hingga Anggota DPRD Kabupaten/Kota di papan informasi selagi antre menunggu giliran. Sebab, kebingungan akan pilihan tersebut yang menurut mereka membuat proses pemilihan di bilik suara jadi agak lama. 

Papan informasi itu berisi sejumlah calon hingga contoh coblos yang sah atau tepat bagi pemilih. Hal ini cukup membantu pemilih, terutama bagi yang pertama kali menggunakan hak pilihnya di Pemilu kali ini. 

Petugas KPPS pun begitu ramah saat memberikan nomor antrean hingga melayani pendaftaran para pemilih dengan memberikan surat suaranya. Mereka melakukan semua tugasnya dengan senyuman. Menariknya lagi, mereka kompak mengenakan batik.

Baca Juga: Senangnya Nurul, Pemilih Pemula Dapat Cokelat usai Nyoblos di TPS Gowa

Fina Efendi Photo Community Writer Fina Efendi

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya