Pembobol ATM BRI di Palu Diringkus, Uang Rp102 Juta Diamankan

Pelaku merupakan karyawan eks perusahaan pengelola ATM

Palu, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sulawesi Tengah berhasil mengamankan pelaku pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank BRI sebesar Rp102 juta.

Kapolda Sulteng, Irjen Pol Syafril Nursal mengatakan pelaku merupakan eks karyawan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penunjang jasa keuangan.

“Pelaku masih muda, berjumlah dua orang. Keduanya berbagi hasil pencurian uang ratusan juta dari ATM itu,” Syafril menerangkan di hadapan jurnalis saat sesi konferensi pers di Mapolda Sulteng, Selasa (28/7/2020).

1. Hanya modal dua buah kunci, pelaku dengan mudahnya meraup isi ATM

Pembobol ATM BRI di Palu Diringkus, Uang Rp102 Juta DiamankanIDN Times/M Faiz Syafar

Dua pelaku pria dengan inisial W alias Gopal (23) dan FMS (18) melancarkan aksinya dengan hanya bermodalkan dua buah kunci biasa dan satunya kunci model tombak.

Pengalaman kedua pemuda yang pernah bekerja di perusahaan jasa keuangan beberapa tahun itu, membuatnya dengan mudah membobol uang ratusan juta di ATM BRI. Lokasi aksi terletak di kompleks Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu, pada Sabtu 18 Juli 2020 sekitar pukul 15.00 WITA lalu.

“Yang bersangkutan itu mengetahui di mana kunci brankas (ATM) ditempatkan, kemudian dia mengambil kunci dan membuka brankas BRI itu lantas mengambil uang sebanyak seratus dua juta rupiah,” kata Syafril.

2. Tak sampai 24 jam pelaku sudah diamankan

Pembobol ATM BRI di Palu Diringkus, Uang Rp102 Juta DiamankanIlustrasi tersangka (IDN Times/Bagus F)

Saat melancarkan aksinya, W bertindak sebagai eksekutor dalam mengeruk isi mesin ATM, sedangkan rekannya yakni FMS berjaga di dalam mobil sembari memantau situasi sekitar.

Tim Jatanras Polda Sulteng yang menerima informasi kejadian tersebut, bergegas mendatangi TKP usai berkoordinasi dengan pihak Bank BRI dan perusahaan jasa keuangan tempat pelaku bekerja sebelumnya.

“Dari hasil rekaman CCTV, usai melakukan penyelidikan dalam tempo kurang dari 24 jam, pada hari Minggu tanggal 19 Juli sekitar pukul 4 subuh, kedua pelaku berhasil diamankan di rumah pribadinya,” beber Syafril.

Beruntungnya, ungkap Syafril, kedua pelaku belum sempat menggunakan uang hasil curian sebesar Rp102 juta tersebut.

Baca Juga: Pengendara Hardtop di Palu Tertangkap Basah Angkut Sabu-sabu 25 Kg

3. Ada keterlibatan karyawan aktif perusahaan jasa keuangan dalam pembobolan ATM

Pembobol ATM BRI di Palu Diringkus, Uang Rp102 Juta DiamankanIlustrasi ATM BRI. IDN Times/Abdurrahman

“Tentu rekan-rekan bertanya, bagaimana bisa pelaku dengan mudahnya membobol ATM dengan hanya modal dua kunci, nah oleh karena itu kami (Polda Sulteng) segera memanggil pihak PT. SSI dan bank terkait agar kejadian ini tidak sampai terulang lagi,” ujar Syafril.

Sebelumnya pelaku juga sempat membobol ATM BRI di depan halaman markas Brimob Polda Sulteng, Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, beberapa waktu lalu.

Kapolda Sulteng membeberkan dugaan keterlibatan karyawan aktif perusahaan jasa keuangan saat kedua pelaku melancarkan aksi kriminal tersebut. ”Ya mereka yang memang bagian mengurus ATM,” kata Syafril.

Syafril menjelaskan, pola yang dipakai pelaku saat itu adalah menggagalkan nasabah bertransaksi di ATM sehingga uang yang mestinya keluar seperti biasanya, justru masuk ke kotak cadangan di dalam mesin ATM.

Dari situ, pelaku mengambil uang yang berada di dalam kotak cadangan dengan cara menggunakan kunci mesin ATM tersebut.

“Artinya ini ada sistem yang tidak baik dalam pengamanan ATM itu sendiri. Kita khawatir ini nanti bisa terjadi di ATM-ATM lain,” pungkas Syafril.

Barang bukti yang berhasil diamankan Ditreskrimum Polda Sulteng atas kasus tersebut berupa uang tunai berjumlah Rp102 juta dengan pecahan 100 ribu, dua buah kunci  brankas dan kunci biasa, satu buah mobil Toyota Innova, sebuah tas ransel, dan satu buah kotak kaset untuk menyimpan uang hasil curian.

Baca Juga: Ratusan Penyintas Likuefaksi Petobo Palu Unjuk Rasa di DPRD Sulteng

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya