8 Ribu Hektare Terumbu Karang Kepulauan Togean Rusak Akibat Bom Ikan

Butuh 8 ribu tahun pulihkan karang di Taman Nasional Togean

Palu, IDN Times - Kondisi terumbu karang di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, semakin mengkhawatirkan. Dari 13 ribu hektare tutupan karang, lebih 8 ribu hektare di antaranya dinyatakan rusak.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNKT Tojo Unauna, Oktovianus mengatakan berdasarkan catatan pada 2017 lalu, kerusakan itu terdapat di Tojo Unauna bagian utara dengan total kerusakan mencapai 8 ribu hektare area tutupan karang.

Oktovianus menyebut, usia karang yang rusak dipastikan sudah berumur ribuan tahun. “Kerusakan ini cukup besar dan kami pun melakukan pemulihan terumbu karang di KTNT,” kata Oktovianus saat dihubungi IDN Times dari Palu, Rabu (9/6/2021).

1. Kerusakan disebabkan penangkapan ikan secara ilegal

8 Ribu Hektare Terumbu Karang Kepulauan Togean Rusak Akibat Bom Ikanilustrasi menangkap ikan dari atas perahu (unsplash.com/jediahowen)

Sebagian besar kerusakan terumbu karang di kawasan Kepulauan Togean, kata Oktovianus, disebabkan oleh aktivitas penangkapan ikan secara ilegal dengan menggunakan bom dan bius ikan.

Okovianus akui, penangkapan ikan ilegal atau distracting fishing banyak terjadi di wilayah perairan laut Tojo Unauna. “Masyarakat maunya instan dan ini persoalan ekonomi. Nah bius bahaya untuk terumbu karang, racunnya terbawa arus dan merusak karang,” sebut Oktovianus.

2. Pelaku melibatkan anak di bawah umur

8 Ribu Hektare Terumbu Karang Kepulauan Togean Rusak Akibat Bom IkanTerumbu karang di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah. IDN Times/Istimewa

Pemerintah dan kepolisian setempat beberapa kali menangkap pengebom dan pembiusan ikan. Menurut Oktovianus, pelaku kemudian diproses secara hukum. Sementara seluruh peralatan tangkap ikan disita.

Mirisnya, lanjut dia, petugas patroli laut kerap mendapati para pelaku memanfaatkan anak di bawah umur untuk melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

“Pelaku anak di bawah umur tidak ditahan, hanya dibina dan buat surat pernyataan. Beberapa kali kami dapati keterlibatan anak di bawah umur,” terangnya.

Baca Juga: Hope Reef di Pangkep, Upaya SHEBA Pulihkan Ekosistem Laut Spermonde

3. Pemulihan terumbu karang di kawasan TNKT Togean

8 Ribu Hektare Terumbu Karang Kepulauan Togean Rusak Akibat Bom IkanTransplantasi karang di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah. IDN Times/Istimewa

Oktovianus menyebut, Balai Taman Nasional Kepulauan Togean berupaya memulihkan kondisi terumbu karang di daerah tersebut. Menurutnya, keberhasilan program transplantasi karang bisa mencapai 80-90 persen.

Namun, kata Oktovianus, proses pemulihan ekosistem karang bukan hal instan. Saat ini, Balai KNKT menargetkan transplantasi karang satu hektare laut per tahun. Artinya, butuh 8 ribu tahun untuk memulihkan kondisi 8 ribu hektare terumbu karang yang rusak.

Program pemulihan karang di Togean melibatkan seluruh pihak, baik masyarakat umum, pihak pemerintah dan Balai TNKT, maupun wisatawan. Sayangnya, kata Oktovianus, anggaran untuk patroli, pengawasan serta pemulihan ekosistem penanaman karang juga masih kurang.

“Tiap sebulan kami patroli dua kali untuk melakukan pencegahan, nah kendalanya tidak hanya anggaran tapi juga BBM di pulau,” jelas Oktovianus.

Baca Juga: Greenpeace: Marak Perusakan Terumbu Karang di Spermonde Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya