Unik, Petugas TPS di Gowa Kompak Kenakan Pakaian Adat

Petugas TPS kenakan pakaian adat untuk kenalkan budaya lokal

Gowa, IDN Times - Ada hal unik di hari pemungutan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di TPS 18, Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Sombaopu, petugas TPS mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar.

Dari pantauan IDN Times, petugas TPS kompak mengenakan pakaian adat beruapa jas tutup lengkap dengan penutup kepala patonro bagi pria, dan baju bodo bagi petugas perempuan.

Petugas PPS Kelurahan Pandang-Pandang, Lili Ernayanti mengatakan, mereka sengaja mengenakan pakaian adat untuk melestarikan budaya setempat. Momentum pemungutan suara, menurutnya, tepat untuk mengingatkan kembali masyarakat tentang budaya Bugis-Makassar,

"Ini salah satu cara kami memperkenalkan dan melestarikan kearifan lokal Kabupaten Gowa," kata Lili, Rabu (14/2/2024).

Selain itu, TPS ini juga menyediakan cokelat batang yang diberikan kepada pemilih pemula. Menurut Lili, hal tersebut sebagai bentuk perayaan sederhana di Hari Valentine dan upaya untuk mengajak pemilih pemula agar bersemangat datang ke TPS untuk menyalurkan hak suara.

"Kebetulan bertepatan hari valentine," ucap Lili.

Di TPS 18 Kelurahan Pandang-Pandang, lanjut Lili, terdapat 256 daftar pemilih tetap (DPT). Waktu pencoblosan dibuka hingga pukul 12.00 Wita. Panitia juga melayani pemilih yang tidak menerima undangan memilih.

"Cukup membawa KTP dan melapor ke PPS," kata Lili.

Baca Juga: 20 TPS di Gowa Berada dalam Zona Blankspot Sinyal Internet 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya