Senangnya Nurul, Pemilih Pemula Dapat Cokelat usai Nyoblos di TPS Gowa

Petugas TPS Pandang-Pandang sediakan cokelat batang

Gowa, IDN Times - Petugas TPS 18, Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, menyediakan cokelat batang bagi pemilih pemula di hari pencoblosan Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

Pantauan IDN Times di lokasi, puluhan cokelat batang yang disediakan petugas TPS dihiasi pita berwarna merah muda. Cokelat itu dibagikan setelah pemilih selesai mencoblos dan mencelupkan jari di botol tinta.

Petugas PPS Kelurahan Pandang-Pandang, Lili Ernayanti mengatakan, mereka sengaja menyediakan cokelat batang bagi pemilih pemula sebagai penyemangat agar mereka datang ke TPS dan menyalurkan hak suara.

"Kebetulan bertepatan hari valentine," ucap Lili.

Seorang pemilih pemula bernama Nurul Insania yang mendapatkan cokelat batang, mengaku senang dengan konsep yang dijalankan petugas TPS Pandang-Pandang. Kata dia, hal itu bisa menjadi daya tari tersendiri bagi anak muda agar segera ke TPS di hari pencoblosan.

"Senang sekali dapat cokelat," katanya.

Selain menyediakan cokelat, petugas TPS 18 Pandang-Pandang juga kompak mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar. Tampak petugas laki-laki mengenakan pakaian adat beruapa jas tutup lengkap dengan penutup kepala patonro, sedangkan petugas perempuan mengenakan baju bodo.

"Ini salah satu cara kami memperkenalkan dan melestarikan kearifan lokal Kabupaten Gowa," kata Lili.

Di TPS 18 Kelurahan Pandang-Pandang, lanjut Lili, terdapat 256 daftar pemilih tetap (DPT). Waktu pencoblosan dibuka hingga pukul 12.00 Wita. Panitia juga melayani pemilih yang tidak menerima undangan memilih.

"Cukup membawa KTP dan melapor ke PPS," kata Lili.

Baca Juga: Unik, Petugas TPS di Gowa Kompak Kenakan Pakaian Adat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya