Polres Gowa Kirim 3 Peleton Polisi Bantu Pengamanan Demo di Makassar

Kapolres Gowa minta anak buahnya tetap tenang hadapi demo

Makassar, IDN Times - Seratus personel dari Polres Gowa, Sulawesi Selatan, dikerahkan membantu pengamanan unjuk rasa mahasiswa di Kota Makassar pada Senin, 11 April 2022. 

Kapolres Gowa, AKBP Tri Goffarudin, menyampaikan arahan kepada anak buahnya dalam apel gelar pasukan untuk bantuan pengamanan bagi Polrestabes Makassar.

"Tetap semangat dan unjuk rasa adik-adik mahasiswa adalah bagian dari demokrasi. Tetap profesional, disiplin dan humanis, kata Tri dikutip dari ANTARA, Minggu (10/4/2022).

1. Kapolres minta personel Polres Gowa tenang hadapi demo mahasiwa

Polres Gowa Kirim 3 Peleton Polisi Bantu Pengamanan Demo di MakassarSulawesi Selatan, Jumat (27/9/2019). Bentrokan terjadi saat polisi berusaha membubarkan aksi unjuk rasa menolak sejumlah Undang-undang yang diusulkan DPR. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

AKBP Tri Goffarudin mengingatkan personel Polres Gowa agar tetap tenang dan sering mengingat Tuhan YME dalam setiap aktivitas, khususnya di Bulan Ramadan saat ini.

Pada unjuk rasa besok, Tri berharap, semuanya berjalan damai dan kondusif, tidak terjadi insiden apapun, baik dari pihak mahasiswa maupun aparat kepolisian.

"Ini adalah bulan yang penuh berkah, bulan puasa Ramadan, bulan yang selalu dijanjikan Allah SWT kepada setiap umatnya yang mau mengamalkan semua amalan-amalan puasa. Mari kita sama-sama melakukan kebaikan dan tugas ini bagian dari kebaikan juga," katanya.

2. Tiga peleton personel Dalmas Polres Gowa

Polres Gowa Kirim 3 Peleton Polisi Bantu Pengamanan Demo di MakassarIlustrasi demonstrasi (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Tri mengatakan, pihaknya mengirim sebanyak tiga peleton personel kepolisian Polres Gowa dan polsek jajaran untuk mengawal agenda unjuk rasa mahasiswa di Makassar.

"Jumlah pasukan sebanyak tiga peleton pengendali massa (dalmas) gabungan Polres Gowa dan jajaran polsek. Semoga unjuk rasa berjalan lancar, aman dan damai," harap Tri.

Baca Juga: Demo Mahasiswa Makassar Desak Jokowi Tegas Tolak Penundaan Pemilu 2024

3. Agenda unjuk rasa mahasiswa di Makassar

Polres Gowa Kirim 3 Peleton Polisi Bantu Pengamanan Demo di MakassarUnjuk rasa mahasiswa Unhas menolakan RUU Omnibus Law di Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) perguruan tinggi di Kota Makassar, tengah mempersiapkan rencana unjuk rasa akbar pada 11 April 2022. Rencana demonstrasi antara lain melibatkan BEM Universitas Hasanuddin.

Aksi yang rencananya berlangsung serentak di berbagai daerah di Indonesia itu mengangkat sejumlah isu terkini. Salah satunya penolakan terhadap wacana menunda Pemilu 2024 yang bisa berbuntut perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo.

"Kami yakin gerakan ini akan menjadi gerakan nasional terbesar pasca (aksi) reformasi dikorupsi tahun 2019," kata Ketua Umum BEM Unhas Imam Mobilingo saat berbincang dengan IDN Times, Kamis, 7 April 2022.

Baca Juga: Unjuk Rasa di Makassar, Mahasiswa Nilai Jokowi-Ma'ruf Gagal Total

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya