Pihak Kampus Sayangkan Insiden Mahasiswa Unibos Terlindas Mobil Polisi

Korban tengah menjalani operasi di RS Ibnu Sina

Makassar, IDN Times - Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, DR Abdul Haris Hamid menyayangkan insiden seorang mahasiswanya terlindas mobil barakuda milik Polisi saat terjadi kericuhan di Jalan Urip Sumoharjo pada Jumat (27/9) malam.

Korban terlindas mobil bernama Dicky Wahyudi merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Unibos angkatan 2018. Menurut Abdul Haris, saat ini Dicky tengah menjalani proses operasi di Rumah Sakit Ibnu Sina akibat luka di bagian bibir, dada, dan paha yang dideritanya.

"Pertama kita prihatin atas kejadian itu, pak Kapolda juga sudah menjenguk yang bersangkutan [korban] tadi pagi di Ibnu Sina," kata Abdul Haris kepada IDN Times, Sabtu (28/9).

1. Insiden terjadi di luar kontrol pihak kampus

Pihak Kampus Sayangkan Insiden Mahasiswa Unibos Terlindas Mobil PolisiIDN Times/Aan Pranata

Abdul Haris menjelaskan, insiden mahasiswa yang ditabrak mobil barakuda milik Kepolisian, di luar kendali pihak kampus. Meski, menurut dia, pihaknya tetap melakukan pengawalan mahasiswa Unibos yang ikut berpartisipasi dalam aksi besar-besaran di Makassar, Jumat kemarin.

"Kita ketemu sama mahasiswa sebelum turun demo, titik kumpulnya di masjid Unibos, kita minta mahasiswa tidak melakukan tindakan anarkis," dia menerangkan.

Ditambahkan Abdul Haris, hingga pukul 18.00 WITA, pihaknya tetap mengawasi mahasiswa Unibos yang turut serta dalam aksi demonstrasi.

"Tapi tiba-tiba pada malam hari, saya dapat kabar ada mahasiswa yang ditabrak mobil."

Baca Juga: Viral Mobil Polisi Lindas Pendemo di Makassar, Ini Kata Kapolda

2. Kapolda siap menanggung biaya pengobatan mahasiswa yang terlindas mobil Polisi

Pihak Kampus Sayangkan Insiden Mahasiswa Unibos Terlindas Mobil PolisiIDN Times/Aan Pranata

Abdul Haris menjelaskan, Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe sangat menyayangkan peristiwa tersebut. Kapolda, jelas Abdul Haris, berjanji akan menanggung seluruh biaya perawatan mahasiswa Unibos yang terlindas mobil barakuda. Hal itu disampaikan Kapolda saat menjenguk Dicky Wahyudi di RS Ibnu Sina Makassar.

"Pak Kapolda juga mengatakan secara hukum insiden ini akan diproses," ucapnya.

3. Kapolda menyatakan peristiwa itu "sama sekali tidak disengaja"

Pihak Kampus Sayangkan Insiden Mahasiswa Unibos Terlindas Mobil PolisiIDN Times/Aan Pranata

Peristiwa mahasiswa terlindas mobil taktis terjadi dalam gelombang aksi unjuk rasa di Makassar. Pada Jumat (27/9) malam, sekelompok massa yang terdiri dari gabungan mahasiswa dan masyarakat terlibat bentrok dengan Polisi. Bentrok terjadi di kawasan fly over hingga di depan kampus Unibos dan Universitas Muslim Indonesia (UMI), di Jalan Urip Sumoharjo.

Seperti ditunjukkan video yang beredar, ada satu orang terlindas mobil di depan kampus UMI. Kapolda menyatakan kejadan itu di luar kesengajaan aparat.

"Rantis tidak mengejar. Cuma pendesakan agar pengunjuk rasa mundur. Makanya dikasih lampu, sirine, rotator. Sama sekali nggak ada (kesengajaan)," ucap Kapolda kepada wartawan di Makassar, Sabtu (28/9).

Baca Juga: Mobil Barakuda Polisi Lindas Warga, Kapolda: Sama Sekali Tak Disengaja

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya