Ngopi Sambil Beramal di Enreco Coffee Makassar, Yuk Ikutan!

Secangkir kopi yang kamu seruput bisa membantu orang lain

Makassar, IDN Times - Julukan kota seribu satu warung kopi yang disematkan ke Makassar, bukan tanpa alasan. Di hampir setiap sudut kota, kamu dengan mudah menemukan orang-orang berkumpul sembari menyesap secangkir kopi.

Salah satu warkop favorit berada di bilangan Jalan Toddopuli Raya, Makassar, Sulawesi Selatan. Mengusung sajian kopi kalosi khas Kabupaten Enrekang, racikan kopi berkarakter fruity di Enreco Coffee kini begitu melekat di lidah pencinta kopi Makassar.

Manajer Enreco Coffee, Ilham Alfais mengatakan, pelanggan yang datang bisa mencapai ratusan orang setiap hari. Karena itu pula, dia hendak menggelar kembali program 'Jumat Berbagi, Bayar Setulus Hati'. Gagasan itu muncul untuk mengajak penikmat kopi membangun jiwa kepedulian sosial.

1. Dari secangkir kopi kamu bisa membantu orang lain

Ngopi Sambil Beramal di Enreco Coffee Makassar, Yuk Ikutan!Enreco Coffee di Jalan Toddopuli Raya Timur, Makassar. Instagram/enrecocoffee

Program Enreco Jumat Berbagi merupakan bagian dari misi sosial pemilik kedai, dimana seluruh omset dari penjualan mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 Wita, sebelum Salat Jumat, akan didonasikan dalam kegiatan sosial.

“Jika tidak ada kerja sama atau misi sosial seperti bencana, dana disumbangkan ke masjid,” kata Ilham Alfais, Kamis (21/11).

2. Pelanggan Enreco memberi bantuan untuk korban banjir Gowa

Ngopi Sambil Beramal di Enreco Coffee Makassar, Yuk Ikutan!Enreco Coffee di Jalan Toddopuli Raya Timur, Makassar. Instagram/enrecocoffee

Sebelumnya, Enreco Coffee menggalang donasi untuk disalurkan kepada korban bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gowa, awal tahun 2019 lalu. Selain itu, sejumlah donasi juga disalurkan untuk pembangunan masjid di Kabupaten Enrekang, serta memberi bantuan kepada korban bencana gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

“Beberapa juga disalurkan untuk bantuan ke sahabat yang membutuhkan. Misalnya jika ada yang sakit dan butuh bantuan,” kata Ilo, sapaan Ilham Alfais.

Baca Juga: Barista Makassar Wakili Indonesia pada World Cup Tasters Championship 

3. Program amal Enreco Coffee dimulai sejak awal 2019

Ngopi Sambil Beramal di Enreco Coffee Makassar, Yuk Ikutan!Enreco Coffee di Jalan Toddopuli Raya Timur, Makassar. Instagram/enrecocoffee

Program Enreco Jumat Berbagi sudah dimulai sejak awal tahun 2019 dan menjadi event mingguan. Hanya saja, kata Ilo, karena adanya perubahan manajemen, sekitar 2 bulan terakhir Enreco Jumat Bebagi sempat tidak berjalan.

Olehnya itu, jelas ilo, manajemen baru membuat perubahan konsep dengan tetap tidak mengubah misi sosialnya. Pengunjung yang datang minum kopi, teh, jus, atau gorengan di Enreco Coffee, tidak terpatok membayar sesuai nominal harga menu yang tertera. Tapi, sesuai keihklasan.

“Membayar sesuai harga boleh, dilebihkan pun lebih baik. Intinya adalah keiklasan karena semua akan disumbangkan untuk umat,” kata Ilo.

Khusus pekan ini, Enreco Jumat Berbagi sudah bekerja sama dengan manajemen Warung Berkah Makassar. Sekadar diketahui, Warung Berkah Makassar adalah gerakan berbagi makanan kepada orang yang membutuhkan. Pendiri dan sekaligus pembina Warung Berkah, Irwansyah Sukarana mengatakan, menyambut baik jika ada pihak yang akan berpartisipasi dalam program Warung Berkah.

“Alhamdulillah, saling berbagi rejeki. Kita sebar virus baik untuk bersama dalam kegiatan sosial. Dengan bersama sama akan lebih ringan,” kata Irwansyah Sukarana.

Baca Juga: Bicara Tentang BTP, 5 Hal yang Diingat Orang Makassar 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya