Murid SD di Mamasa Curhat Jarang Diajar Guru, Akmal Malik Tegur Bupati

Murid mengaku jarang belajar karena guru tak hadir

Makassar, IDN Times - Informasi viral siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 010 Saluang, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, yang tidak belajar karena guru sering tidak hadir, membuat Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik, berang. Akmal langsung melayangkan surat teguran kepada Bupati Mamasa, Ramlan Badawi.

"Masalah pendidikan harus menjadi perhatian dari pemerintah. Adanya informasi viral terkait murid SD yang tidak belajar saat ke sekolah sungguh sangat memprihatinkan," kata Akmal Malik dalam keterangan pers, Jumat (15/7/2022).

1. Surat teguran ke Bupati Mamasa

Murid SD di Mamasa Curhat Jarang Diajar Guru, Akmal Malik Tegur BupatiPj Gubernur Sulbar Akmal Malik. IDN Times/Istimewa

Akmal mengatakan, surat teguran dilayangkan ke Bupati Mamasa, Ramlan Badawi karena permasalahan ini terjadi di wilayah pemerintahan Pemkab Mamasa. Pemerintah di bawah kendali Ramlan Badawi dinilai harus melakukan evaluasi terkait sistem pendidikan yang tidak berjalan maksimal di wilayahnya.

"Kami meminta penjelasan lengkap juga dari Pemkab Mamasa melalui Pak Bupati terkait dengan kondisi yang terjadi, seperti apa kendala guru tidak hadir dan lainnya," tutur Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini.

2. Evaluasi guru dan perangkat sekolah

Murid SD di Mamasa Curhat Jarang Diajar Guru, Akmal Malik Tegur BupatiPj Gubernur Sulbar Akmal Malik (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih jauh Akmal menjelaskan, apabila guru dengan status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) memang melalaikan kewajiban mengajar, maka harus ada sanksi tegas. Pemberian sanksi juga selayaknya diberikan kepada semua perangkat terkait yang membuat sistem pembelajaran tidak berjalan baik, khususnya di SD Negeri 010 Saluang, Mambi.

"Tapi, kondisi ini juga memberi kita peringatan agar sistem pendidikan di Sulbar harus dievaluasi. Apakah sudah berjalan baik, pelayanan pendidikan ini sudah maksimal atau belum. Atau memang ada permasalahan yang membuat proses belajar-mengajar tidak bisa optimal berjalan," tutur Akmal Malik.

3. Kritik bagi pemerintah

Murid SD di Mamasa Curhat Jarang Diajar Guru, Akmal Malik Tegur BupatiSiswa SD 010 Suluang di Desa Pamoseang, Kecamatan Mambi, Mamasa mengadu ke presiden/istimewa

Langkah tegas Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik ini merupakan sikap dari informasi viral di media dan media sosial yang menunjukkan murid sekolah dasar di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, mengadu ke Presiden Jokowi karena gurunya jarang ke sekolah.

Dua murid yang bersekolah di SDN 010 Saluang, Kecamatan Mambi ini terekam kamera dan terlihat membentangkan tulisan yang berisi keluh kesahnya karena selama ini jarang mendapatkan pelajaran dari gurunya. 

"Pak Presiden Jokowi, kami jarang sekolah karena bapak guru jarang datang ke sekolah," demikian isi tulisan yang dibentangkan salah satu murid. 

"Kami membutuhkan pendidikan yang layak. Kami membutuhkan guru yang selalu datang ke sekolah," bunyi tulisan yang dibentangkan murid lainnya. 

Foto ini diketahui pertama kali dibagikan di Facebook oleh akun Achmad Faisal Dinejad pada Senin, 11 Juli 2022.

"Ini merupakan kritik bagi pemerintah daerah. Harus disikapi dan dicarikan solusi oleh pemerintah, utamanya Bupati Mamasa. Teguran kami layangkan untuk mengingatkan jangan lalai dalam pengawasan pelayanan ke masyarakat, khususnya di bidang pendidikan," katanya.

Baca Juga: Akmal Malik Dorong OPD Pemprov Sulbar Percepat Realisasi Anggaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya