Jokowi Tinjau Pembagian Pompa Pertanian di Sulawesi Selatan

Sebaran pompa pertanian di Sulsel capai 5.230 unit

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi meninjau program pompanisasi lahan pertanian di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).
  • Sebaran pompa di Provinsi Sulawesi Selatan dari tahun 2019 hingga 2024 mencapai 5.230 unit, dengan Kabupaten Bone sendiri telah dialokasikan sebanyak 300 unit di tahun 2024.
  • Pompanisasi dinilai mampu meningkatkan produktivitas lahan pertanian dan memberikan dampak positif bagi para petani di Desa Jaling.

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau program pompanisasi lahan pertanian di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (4/7/2024). Dia didampingi Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Pompanisasi diklaim sebagai solusi cepat pemerintah dalam mengantisipasi kekeringan panjang akibat gelombang panas dunia. Program ini bahkan dinilai mampu meningkatkan indeks pertanaman dari yang tadinya satu kali menjadi tiga kali. Adapun dalam kegiatan ini Mentan menyerahkan secara langsung bantuan 1 ton benih jagung dan 2 unit traktor roda 2 kepada kelompok tani setempat.

"Kunjungan Bapak (Jokowi) difokuskan pada program pompanisasi Kementan. Ini adalah salah satu langkah konkret pemerintah dalam mendukung para petani kita, terutama dalam mengatasi masalah pengairan akibat musim kering," kata Amran.

1. Sebaran pompa pertanian di Sulsel

Jokowi Tinjau Pembagian Pompa Pertanian di Sulawesi SelatanPresiden Jokowi tinjau pembagian pompa pertanian di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (4/7/2024). Dok. IDN Times/Humas Kementerian Pertanian

Kementerian Pertanian dalam siaran persnya mencatat, sebaran pompa di Provinsi Sulawesi Selatan dari tahun 2019 hingga 2024 mencapai 5.230 unit. Sementara untuk Kabupaten Bone sendiri telah dialokasikan sebanyak 300 unit di tahun 2024. Sedangkan luas baku sawah di Kabupaten Bone mencapai 119.278 hektare dengan Potensi sawah tadah hujan seluas 35.610 hektare.

"Sekali lagi program ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian yang mayoritas merupakan sawah tadah hujan," Amran menerangkan.

2. Jokowi disambut petani

Jokowi Tinjau Pembagian Pompa Pertanian di Sulawesi SelatanPresiden Jokowi tinjau pembagian pompa pertanian di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (4/7/2024). Dok. IDN Times/Humas Kementerian Pertanian

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman, menambahkan bahwa kunjungan Mentan dan Presiden mendapat sambutan hangat dari masyarakat Bone khususnya para petani. Diharapkan, kunjungan keduanya dapat memberikan dampak positif bagi para petani di Desa Jaling.

"Sebanyak 300 unit pompa ini mampu mengcover 3.250 hektare dengan kontribusi produksi 32.500 ton dan provitas 5 ton per hektare. Alhamdulillah para petani yang selama ini kesulitan air dapat bernafas lega karena adanya pompa," katanya.

Asman menambahkan bahwa hamparan sawah yang akan ditinjau presiden mencapai 205 hektare yang dikelola oleh tujuh kelompok tani. Sampai saat ini pemerintah daerah dilaporkan telah melakukan pembenahan dan sterilisasi lokasi.

"Sekali lagi dengan adanya program pompanisasi ini, diharapkan para petani di Desa Jaling dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian mereka, sehingga dapat mendukung ketahanan pangan daerah dan nasional," jelasnya.

3. Agenda kunjungan Jokowi di Sulsel

Jokowi Tinjau Pembagian Pompa Pertanian di Sulawesi SelatanPresiden Jokowi Resmikan Digitalisasi Layanan Perizinan Penyelenggaraan Event (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Presiden Jokowi berada di Sulsel dalam rangka kunjungan kerja mulai Kamis-Jumat (4-5 Juli 2024). Jokowi rencananya akan mengunjungi lima kabupaten di Sulsel. Lima kabupaten tersebut yaitu Bone, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, dan Takalar.

Ada beberapa agenda yang dijadwalkan di kelima kabupaten tersebut. Di antaranya peninjauan pasar tradisional, penyerahan Bantuan Tunai Langsung & Bantuan Modal Kerja, peninjauan pompa air sawah, peninjauan pelayanan BPJS Kesehatan dan pelayanan rumah sakit, hingga peresmian Bendungan Pamukkulu. Bendungan Pamukkulu sendiri merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ibu Negara Kunjungi Sejumlah Daerah di Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya