4 Fakta Tentara Todong Pistol-Ancam Culik Pejabat Gerindra Sulsel

Anggota TNI itu ternyata adik Menteri Pertanian RI

Intinya Sih...

  • Anggota TNI menodongkan pistol ke warga sipil di Makassar, Sulawesi Selatan.
  • Tentara mencari Ketua Bappilu DPD Partai Gerindra Sulsel, Harmansyah, yang merupakan adik Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
  • Kodam XIV/Hasanuddin menyelidiki aksi koboi tersebut dan Denpom XIV/4 Makassar memanggil anggota bersangkutan untuk pemeriksaan.

Makassar, IDN Times - Seorang anggota TNI di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan aksi koboi dengan menodongkan pistol ke warga sipil. Aksi itu terekam kamera CCTV lalu viral di media sosial.

Peristiwa tentara berseragam lengkap menodongkan pistol itu terjadi di kawasan Perumahan Bumi Husada, Kecamatan Manggala,  Kota Makassar, pada Rabu (4/9/2024).

Berikut sejumlah fakta terkait kronologi dan motif pengancaman yang dilakukan tentara ke warga sipil di Makassar.

1. Tentara todongkan pistol di rumah Ketua Bappilu Gerindra Sulsel

4 Fakta Tentara Todong Pistol-Ancam Culik Pejabat Gerindra SulselRekaman CCTV pria berseragam TNI mengacungkan pistol ke arah warga sipil di Makassar, viral di media sosial. (Dok. Istimewa)

Terungkap bahwa saat kejadian, Rabu (4/9/2024), para pria berseragam tentara itu mencari Harmansyah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Gerindra Sulsel.Hal itu diungkapkan istri Harmansyah, Reni.

Dia menceritakan, sejumlah orang berseragam tentara dan pakaian sipil mendatangi rumahnya di kompleks Bumi Husada Indah, Kecamatan Manggala, Makassar, Rabu sekitar pukul lima sore. Tak hanya marah-marah, orang-orang itu disebut juga mengancam.

"Beberapa oknum marah-marah mencari suami saya. Katabya dia akan mau memukul kepala suami saya sampai berdarah, bahkan akan menembak kepala suami saya jika ketemu," kata Reni dalam video singkat yang diterima IDN Times, Kamis (5/9/2024).

Harmansyah, selain pejabat elite di Gerindra Sulsel, juga diketahui aktif di organisasi kemasyarakatan. Dia merupakan anggota Karang Taruna Sulsel dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel.

2. Terduga pelaku pengancaman pistol adalah adik kandung Menteri Pertanian

4 Fakta Tentara Todong Pistol-Ancam Culik Pejabat Gerindra SulselMentan Amran Sulaiman menghadiri Soft Launching implementasi Biodiesel B50 di Kalimantan Selatan (Kalsel). (Dok Kementan)

Dari rekaman CCTV yang beredar serta informasi berbagai sumber, diketahui identitas tentara yang menodongkan pistol bernama Serma Andi Arifuddin Sulaiman. Dia merupakan adik Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Saat kejadian, Andi Arifuddin mewakili keluarga memang sengaja datang mencari Harmansyah. Namun keluarga membantah ada pengancaman, seperti yang diungkapkan istri Harmansyah.

“Keluarga datang itu untuk menanyakan baik-baik kepada Harmansyah soal pengepungan terhadap Andi Amar dan pelemparan mercon,” kata Andi Rasdi dalam keterangannya mewakili keluarga, Kamis (5/9/2024). Andi Amar yang dimaksud merupakan anak Mentan Andi Amran Sulaiman.

3. Keluarga tentara bantah pengancaman

4 Fakta Tentara Todong Pistol-Ancam Culik Pejabat Gerindra SulselReni, istri pejabat Gerindra Sulsel Harmansyah, menceritakan kronologi pengancaman oleh beberapa anggota TNI yang videonya viral. (Dok. Istimewa)

Andi Rasdi membantah narasi pengancaman terhadap Harmansyah. Sebaliknya, dia mengatakan, malah Andi Amar anak Mentan yang sempat dikepung oleh Harmansyah dan rekan-rekannya.Beberapa waktu lalu beredar video keributan di depan Swiss-Belhotel di Jalan Ujung Pandang Makassar.

Lokasi itu jadi arena debat kandidat ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel. Andi Amar jadi salah satu kandidat, bersaing dengan Andi Muhammad Karaka Kilat. 

"Anak Pak Andi Amran Sulaimanlah (Andi Amar ) yang dikepung Harmansyah bersama sekitar 100 anggota geng motornya, dua hari lalu. Dan dilempari petasan. Malah katanya Harmansyah bilang dia dibeking oknum polisi. Ini sudah kita laporkan juga ke kepolisan,” jelas Andi Rasdi.

Menurut Andi Rasdi, tidak mungkin ada penculikan di siang bolong, dan juga pengancaman. Bagaimana bisa diancam, kata dia, sementara Harmansyahnya tidak ada di lokasi.

Baca Juga: Viral Video Tentara di Makassar Acungkan Pistol ke Warga Sipil

4. Aksi koboi tentara di Makassar diselidiki Denpom

4 Fakta Tentara Todong Pistol-Ancam Culik Pejabat Gerindra SulselIlustrasi pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Aksi koboi tentara menodongkan pistol ke warga sipil telah diketahui Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin selaku pemegang teritori militer di wilayah terkait.

Kepala Penerangan Kodam Hasanuddin Kolonel Mangapul Hutajulu mengatakan, kejadian itu sedang diselidiki.Detasemen Polisi Militer (Denpom XIV/4 Makassar, kata Mangapul, telah memanggil anggota bersangkutan untuk pemeriksaan.

"Demikian saat ini yg sdg dilakukan, mohon bersabar sambil menunggu hasil penyelidikan dari Pihak Denpom XIV/4 Makassar," katanya kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Todongkan Pistol, Anggota TNI Cari Elite Gerindra Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya