Sandiaga Uno Penyumbang Paling Besar untuk Dana Kampanye Prabowo 

Dana kampanye Prabowo-Sandi sampai November Rp 41,9 miliar.

Jakarta, IDN Times - Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali menyampaikan jumlah penerimaan dana kampanye Pilpres 2019. Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 ini memang rutin setiap bulan menyampaikan dana kampanye kepada publik sebagai bentuk transparansi.

Dalam paparannya, Bendahara BPN Thomas Djiwandono menyebut, sumbangan terbesar masih dari calon wakil presiden Sandiaga Uno, yakni sebesar Rp 28,5 miliar.

"Saat ini jumlah penerimaan dana kampanye Prabowo-Sandi di posisi Rp 41,9 milliar. Dari segi rinciannya paling besar tetap adalah Pak Sandi sendiri di angka Rp 28,5 milliar, dalam bentuk uang," papar Thomas di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).

Selanjutnya, sumbangan terbesar kedua berasal dari Prabowo. "Berikutnya adalah dari Pak Prabowo dan ini bisa dibagi dua, bentuk uang dan bentuk jasa," Thomas melanjutkan. 

Baca Juga: Ini Program Prabowo-Sandiaga Tangani Masalah Pengangguran Terdidik

1. Bangun posko dan kegiatan relawan memakan dana Rp 21 miliar

Sandiaga Uno Penyumbang Paling Besar untuk Dana Kampanye Prabowo ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Thomas menjelaskan, dari total Rp 41,9 miliar yang diterima, pihaknya telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 34,5 miliar. Dana tersebut antara lain untuk bahan kampanye, pertemuan terbatas, tatap muka, dan iklan media.

"Total pengeluarannya itu bersama juga dengan anggaran untuk kegiatan lain-lain sebesar Rp 21 miliar, ini adalah teritori dan jaringan dan hubungannya adalah dengan kampanye seperti penguatan posko-posko, kegiatan relawan. Angka total pengeluarannya Rp 34.475.612.330," jelas dia.

2. Prabowo-Sandi ingin transparan soal dana kampanye

Sandiaga Uno Penyumbang Paling Besar untuk Dana Kampanye Prabowo Instagram.com/sandiuno

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya mengumumkan penerimaan dana kampanye setiap bulan sebagai bentuk komitmen transparansi anggaran kepada masyarakat. Menurutnya, penting bagi publik untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran dana kampanye pasangan capres-cawapres.

"Ini adalah komitmen kita dan transparansi adalah salah satu pilar terpenting dari Prabowo-Sandi. Tadi sudah dijelaskan jumlah dana masuk dan dana keluar secara terperinci, sesuai dengan peraturan KPU dan tentang pelaporan dari KPU," urai Sandi.

3. Prabowo-Sandi temukan inovasi untuk tekan biaya kampanye

Sandiaga Uno Penyumbang Paling Besar untuk Dana Kampanye Prabowo ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Lebih lanjut, Sandiaga mengaku selama kegiatan kampanye, dia dan Prabowo sudah mengupayakan dan menemukan inovasi hingga bisa menekan angka anggaran yang digunakan. Padahal, kegiatannya selama satu bulan ini berkeliling ke banyak kabupaten dan kota di Indonesia.

"Saya dan Pak Prabowo selama satu bulan terakhir ini kami menemukan beberapa inovasi dalam berkampanye, sehingga kami bisa menekan biaya kampanye seminim mungkin. Panggung salah satunya kita ganti dengan kardus dan jadinya kita tidak memerlukan panggung, dan kegiatan ke masyarakat ini murni juga banyak partisipasi dari masyarakat," terangnya.

4. Prabowo lakukan kampanye dengan paket hemat

Sandiaga Uno Penyumbang Paling Besar untuk Dana Kampanye Prabowo IDN Times/Irfan Fathurohman

Sementara Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said menambahkan, saat menjadi pembicara utama di Singapura semalam, Prabowo mengatakan, pihaknya memang melakukan kampanye dengan anggaran hemat.

"Pak Prabowo menyampaikan yang sangat menyentuh bahwa kampanye kita yang tadi dikatakan oleh Pak Sandi sangat low cost, sangat paket hemat kemudian mendapat respons partisipasi masyarakat. Kemarin Pak Prabowo memberikan pesan pribadi karena seorang warga desa mengirimkan uang Rp 22 ribu dan menyampaikan di Twitter dengan tulus 'mohon maaf hanya bisa segini', dan Pak Prabowo memberi catatan sangat baik," papar Sudirman.

Baca Juga: Prabowo-Sandiaga Klaim Raih Suara Dukungan 50 Persen di Kantong PDIP

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya