Pj Gubernur Papua Tengah Paparkan 4 Program Prioritas Nasional 2024

Kerja sama antar stakeholder sangat dibutuhkan

Timika, IDN Times – Pemerintah Provinsi Papua Tengah bersama Pemerintah Daerah dari delapan kabupaten cakupan berkomitmen untuk melaksanakan empat program prioritas nasional di tahun 2024.

Keempat program tersebut yakni penanganan stunting, pengentasan kemiskinan, pengendalian inflasi daerah, dan pengentasan pengangguran.

Hal itu diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, saat memimpin apel gabungan di pelataran Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP3, Timika, Papua Tengah, Rabu (17/1/2024).

"Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Papua Tengah bersama 8 kabupaten cakupan Provinsi Papua Tengah, kita masih terus akan melaksanakan beberapa program prioritas nasional," ujarnya.

Ribka menjelaskan, terkait dengan penanganan stunting, telah ditargetkan secara nasional bahwa di tahun 2024, stunting akan turun ke angka 14 persen.

Kemudian perihal pengentasan kemiskinan, ditargetkan dalam tahun ini bakal turun di angka 9,17 persen sampai dengan 9,34 persen.

"Serta pengentasan kemiskinan ekstrem yang mana di tahun 2024 secara nasional ditargetkan turun hingga zero (nol)," tuturnya.

"Yang ketiga, pengendalian inflasi daerah dengan memonitor ketersediaan bahan pokok di pasar serta peredarannya di masyarakat kita," imbuhnya.

Sementara program yang terakhir, yaitu pengentasan pengangguran, Ribka menyebut Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah akan terus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Termasuk memberikan pelatihan-pelatihan kewirausahaan serta memberikan modal usaha bagi masyarakat pelaku ekonomi kreatif," jelas Ribka.

Dengan begitu, lanjut Ribka, diharapkan masyarakat nantinya tidak hanya menjadi penonton atau bahkan bertumpuh pada lapangan pekerjaan sebagai ASN atau lowongan kerja di perusahaan yang kerap kali tidak mengakomodir.

"Masyarakat kita juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mereka harus menjadi tuan di negeri sendiri," tandasnya.

Menurut Ribka, semua itu akan dapat dicapai dengan adanya kerja sama antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dalam menggerakkan seluruh stakeholder terkait.

"Serta melibatkan masyarakat untuk ikut bergotong royong menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut di daerah atau delapan kabupaten yang kita cintai bersama," tuturnya.

"Kiranya kita bersama-sama dapat terus meningkatkan kekompakan dalam tim kerja di masing-masing perangkat daerah dan membangun kerja sama antara perangkat daerah untuk jalannya pemerintahan di wilayah Provinsi Papua Tengah," pungkasnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Papua Tengah Tekankan Netralitas ASN dalam Pemilu 2024

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya