Pemkab Mimika Hibahkan Rp221 Miliar untuk Pemilu dan Pilkada 2024

Penyaluran dilakukan dalam tahap

Timika, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Mimika menghibahkan dana sebesar Rp221 miliar lebih untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak di tahun 2024 mendatang.

Dana hibah yang bersumber dari APBD 2023-2024 itu diberikan kepada KPU Mimika, Bawaslu Mimika, Polres Mimika, dan Kodim 1710/Mimika.

Adapun rincian besaran nilainya yakni KPU Mimika sebesar Rp140.910.206.500,-, Bawaslu Mimika Rp36.404.970.777,-, Polres Mimika Rp27.453.270.000,-, dan Kodim 1710/Mimika sebesar 16.879.550.000,-.

Pemberian hiba tersebut ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang berlangsung di Hotel Grand Tembaga, JalanYos Sudarso, Timika, Papua Tengah, Jumat (10/11/2023).

1. NPHD adalah komitmen dan keseriusan

Pemkab Mimika Hibahkan Rp221 Miliar untuk Pemilu dan Pilkada 2024Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Mimika, Willem Naa, saat membacakan sambutan Bupati Mimika. (IDN Times/Endy Langobelen).

Mewakili Pemkab Mimika, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Mimika, Willem Naa, melalui sambutannya menjelaskan bahwa NPHD merupakan komitmen dan keseriusan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pelaksanaan Pemilu Dan Pilkada serentak tahun 2024 sesuai tahapan KPU. 

"Untuk penggunaan dan pertanggungjawaban agar sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Willem membacakan sambutan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. 

2. Penyaluran hiba dilakukan dalam tua tahap

Pemkab Mimika Hibahkan Rp221 Miliar untuk Pemilu dan Pilkada 2024Penandatanganan NPHD oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Mimika, Willem Naa. (IDN Times/Endy Langobelen)

Willem menjelaskan bahwa penyaluran hibah ini akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sebesar 40 persen dari nilai NPHD disalurkan pada tahun 2023.

"Kemudian, tahap kedua 60 persen dari nilai NPHD disalurkan pada tahun 2024," jelas Willem. 

3. Diharapkan sinergitas tetap terpelihara

Pemkab Mimika Hibahkan Rp221 Miliar untuk Pemilu dan Pilkada 2024Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Mimika, Willem Naa, saat membacakan sambutan Bupati Mimika. (IDN Times/Endy Langobelen).

Willem berharap, pada Pilkada nanti, sinergitas antara Pemerintah Daerah, TNI/Polri, dan penyelenggara tetap terpelihara dengan baik sehingga semua tahapan berjalan aman, tertib dan lancar.

Dia juga berharap pihak penyelenggara dapat terus menjaga profesionalisme dalam melaksanakan tugas tahapan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Mimika

"NPHD bertujuan untuk meningkatkan akses dan fasilitas di daerah dalam melaksanakan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam tahapan pilkada," tuturnya.

"Selanjutnya, meningkatkan kualitas tertibnya administrasi bagi para pemilih, agar saat penyelenggaraan pilkada nanti dapat terlaksana dengan aman dan kondusif, serta mewujudkan kehidupan demokrasi di daerah," imbuhnya.

Willem menyebutkan, NPHD dilaksanakan berdasarkan asas kepastian hukum, fungsional, transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipas dalam penyusunan dan pelaksanaan NPHD ini. Semoga kerjasama yang baik ini dapat berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Menhan Prabowo Subianto Kunjungi Mimika, Ini Agendanya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya