Pelaku Penembakan Pesawat Wings Air di Yahukimo Dilumpuhkan Aparat

Kontak tembak juga terjadi di Distrik Paro, Kabupaten Nduga

Yahukimo, IDN Times – Pasukan TNI berhasil menangkap dan melumpuhkan para pelaku penembakan pesawat Wings Air IW 1646 ATR 700 PK WGT, yang terjadi beberapa waktu lalu di Bandara Nop Goliat Dekat, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Hal itu disampaikan Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN, melalui keterangan tertulis yang dikirim kepada IDN Times via WhatsApp, Kamis (22/2/2024).

Kolonel Czi IGN menerangkan, semenjak terjadinya penembakan Pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliath pada 12 Februari 2024 lalu, pasukan TNI terus meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pengejaran dan melaksanakan ambush dalam upaya melumpuhkan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) wilayah Yahukimo yang melaksanakan kekacauan.

"Kali ini, upaya TNI tersebut telah berhasil menembak mati satu orang KSTP dan menangkap dua orang lainnya," ujarnya.

Dijelaskan bahwa pasukan TNI Satgas Yonif 7 Marinir pimpinan Mayor Horionon pada Kamis (22/2/2024) melaksanakan pengamatan di seputaran Sungai Braza, kawasan terjadinya peristiwa penembakan Wings Air tersebut. Alhasil kontak tembak pun berlangsung.

“Terjadi kontak tembak dengan KSTP. Satu orang KSTP tewas dan dua orang KSTP tertangkap hidup,” tutur Kapen Kogabwilhan III.

Dikatakan, pada saat itu, terlihat anggota KSTP berjumlah 10 orang dengan satu pucuk senjata.

“Ketika terjadi kontak tembak, mereka berhamburan lari menyelamatkan diri termasuk senjatanya. Kita akan terus lakukan pengejaran untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan khususnya keamanan saat operasional penerbangan di areal bandara tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut Kolonel Czi IGN mengatakan bahwa di hari yang sama sekitar pukul 11.00 WIR, kontak tembak antara Satgas Yonif 411/Pdw dengan KSTP juga terjadi di wilayah Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

“Di empat berbeda, di Paro, Nduga juga terjadi kontak tembak antara personel Satgas Yonif 411/Pdw Pos Paro yang sedang melaksanakan ambush dengan KSTP yang berjumlah 5 orang. Dilaporkan satu KSTP terkena tembakan. Namun, berhasil ditarik dan dibawa lari oleh KSTP lainnya,” pungkasnya.

Baca Juga: Satgas Ops Damai Cartenz Tangkap 1 Anggota KKB di Puncak Papua Tengah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya