Mentan Amran Sulaiman Rencana Cetak 500 Ribu Hektare Sawah di Merauke

Direncanakan sampai 1 juta hektare sawah di Merauke

Intinya Sih...

  • Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan cetak sawah bersama pemerintah daerah dan petani di Merauke, Papua Selatan.
  • Luasan lahan sawah rintisan yang dulunya 10 ribu hektare kini menghasilkan 6 ton padi per hektare, dengan rencana cetak sawah mencapai 1 juta hektare.
  • Potensi pertanian di Merauke sangat besar untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri, terutama di Indonesia bagian timur, dengan dukungan infrastruktur irigasi dan program food estate.

Merauke, IDN Times - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, melakukan cetak sawah bersama pemerintah daerah dan para petani di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Kegiatan cetak sawah itu dilakukan pada hari pertama kerja usai libur panjang dalam momen Hari Raya Idul Fitri 2024.

Mentan Amran Sulaiman membeberkan, luasan lahan dulunya sempat dirintis sebesar 10 ribu hektare. Kini, luasan sawah rintisan tersebut menghasilkan 6 ton padi per hektare.

Dirinya mengungkapkan, perencanaan cetak sawah di Kabupaten Merauke mencapai 1 juta hektare.

"Sekarang, kita merintis 500 ribu hektare. Ini kita proyeksikan menjadi lumbung pangan masa depan," ungkap Amran Sulaiman, Selasa (16/4/2024) di Merauke, Papua Selatan.

Mentan Amran Sulaiman mengatakan, potensi pertanian di Kabupaten Merauke sangatlah besar terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri khususnya di Indonesia bagian timur.

Pemenuhan kebutuhan pangan disebutnya sangat diperlukan mengingat hampir semua negara di dunia dilanda El Nino yang membuat produksi pertanian mengalami penurunan.

"Potensinya luar biasa. Di sini (Merauke), airnya melimpah. Ini kita jadikan kekuatan untuk menghasilkan panen yang baik. Insya Allah akan kita tingkatkan indeks (skala) pertaniannya," terangnya.

Merauke menurutnya terkenal sebagai etalase perdagangan dan transportasi di wilayah Indonesia Timur, wilayah Kepulauan Pasifik dan Rumpun Melanesia.

Merauke merupakan kabupaten di Papua Selatan yang memiliki potensi lahan pertanian mencapai 1,2 juta hektare.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan dan arahan Mentan Amran Sulaiman terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Merauke.

Dia memastikan wilayahnya akan menjadi daerah penunjang bagi kebutuhan pangan di Papua. Apalagi, pemerintah daerah tengah menyiapkan pertanian organik sebagai solusi pertanian berkelanjutan yang lebih sehat.

Selain itu, kata Romanus, pihaknya telah menyiapkan dukungan infrastruktur irigasi untuk target produksi yang lebih besar.

Romanus menambahkan, dukungan terhadap sektor pertanian juga akan dilanjutkan dengan kehadiran Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Muhammad Herindra, yang direncanakan akan hadir pada Rabu (17/4/2024) esok.

"Hari ini, Mentan dan besok Wamenhan akan tiba di Merauke dalam rangka menyukseskan program food estate (lumbung pangan) di Merauke," ungkapnya.

"Jadi, sekali lagi terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian atas dukungan dan arahan terhadap jalannya pembangunan pertanian di wilayah Merauke. Ke depan, kami siap menjadikan pertanian sebagai solusi masa depan yang berkelanjutan," pungkas Romanus Mbaraka.

Baca Juga: Komnas HAM Kecam Segala Bentuk Kekerasan di Papua

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya