Kronologi Pesawat Smart Air Tabrak Pagar Bandara Ilaga Papua Tengah

Pesawat disebut mengalami kegagalan rem saat mendarat

Puncak, IDN Times – Kepolisian Daerah Papua membeberkan kronologi insiden yang dialami Pesawat Smart Air PK-SNJ di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada Senin (5/2/2024) pagi.

Dikabarkan sebelumnya, pesawat yang terbang dari Bandara Mozes Kilangin Timika dengan memuat cargo 260 kilogram dan penumpang 12 orang itu mengalami kecelakaan hingga keluar jalur saat melakukan pendaratan di Bandara Aminggaru.

Berdasarkan siaran pers yang diterima IDN Times, Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia, menjelaskan bahwa pada saat pesawat take off dari Bandara Mozes Kilangin Timika, cuaca terlihat sangat bersahabat.

"Selama penerbangan pun cuaca relatif baik, meskipun beberapa hari sebelumnya cuaca di wilayah Kabupaten Puncak cukup ekstrem," tutur Kapolres.

Menurutnya, kejadian tragis ini bermula saat pesawat hendak menuju apron atau tempat parkir pesawat yang mana saat itu, pesawat mengalami kegagalan rem pada roda belakang sebelah kanan.

“Akibatnya, pesawat secara spontan belok ke kiri, keluar dari jalur runway, dan menabrak pagar bandara. Sebagian pesawat juga mengeluarkan asap,” ungkapnya.

"Saat kejadian, warga dan aparat keamanan berlarian ke pesawat untuk membantu evakuasi penumpang dan awak pesawat. Saat ini, situasi di bandara dalam keadaan aman dan lancar," imbuhnya.

Punia juga menegaskan akan melakukan koordinasi bersama pihak maskapai dan pihak terkait untuk langkah-langkah selanjutnya guna mencegah kejadian serupa terulang di masa mendatang.

Sementara Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, memastikan seluruh penumpang pesawat selamat dari insiden tersebut.

"Data yang diperoleh menyebutkan bahwa pesawat yang dipiloti oleh Captain Pilot Ilman A dan Co Pilot Ilham membawa sejumlah penumpang, di antaranya dr. Yofri, Putu, Obet K, Melinus Tabuni, Erina Murib, Denius, Yulius, Irince, Melince, Weta, Julinus, dan Kior. Selain itu, pesawat juga membawa cargo dengan berat kurang lebih 2,6 kwintal," terang Benny.

Baca Juga: Pesawat Smart Air Tergelincir Keluar Runway di Ilaga Papua Tengah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya