Kronologi Aksi KKB di Paniai, Pemilik Kios Nyaris Tertembak

Sebanyak 23 warga dievakuasi ke Kantor Polres Paniai

Timika, IDN Times – Kepala Operasi (Ka Ops) Damai Cartenz 2024, Kombes Faizal Ramadhani, mengungkapkan kronologi penembakan dan pembakaran sejumlah bangunan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, Selasa (21/5/2024).

Dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Rabu (22/5/2024) siang, Faizal menyampaikan bahwa aksi penembakan dan pembakaran itu dilakukan oleh KKB pimpinan Undius Kogoya. Dijelaskan bahwa kejadian itu bermula saat dua anggota KKB, yang identitasnya masih dalam penyelidikan, mendatangi kios milik pedagang atas nama Arwin sekitar pukul 21.35 WIT. Kedua anggota KKB itu berpura-pura membeli rokok.

“Saat KKB berpura-pura membeli rokok, saudara Arwin (pemilk kios) melayaninya dengan memberikan rokok. Namun, tiba-tiba salah satu dari 2 orang KKB tersebut mengeluarkan senjata api dan melakukan penembakan," Faizal menjelaskan.

"Saat penembakan terjadi terjadi, korban langsung melarikan diri ke dalam rumah sehingga tindak terkena tembakan. Namun terkena helm pada dinding rumah. Dan saat itu pula, kedua KKB tersebut melarikan diri," imbuhnya.

Sementara Ka satgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno, menyampaikan bahwa setelah melakukan penembakan terhadap warga sipil (pemilik kios), KKB kemudian melajutkan aksinya dengan membakar sejumlah bangunan kios dan sekolah. Di tengah aksi pembakaran itu, KKB juga turut melancarkan serangan kontak tembak dengan aparat TNI-Polri.

“Untuk sejumlah bangunan Kios yang dibakar oleh KKB masih dalam proses pendataan oleh Satgas Damai Cartenz 2024 dan Polres Paniai. Sementara untuk bangunan gedung sekolah yang di bakar oleh KKB yaitu gedung sekolah PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo, Paniai," terang Bayu.

Dia menambahkan, para guru PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo Paniai dan keluarganya telah berhasil dievakuasi oleh aparat gabungan TNI-Polri bersama Satgas Damai Cartenz ke Mako Polres Paniai. Sejauh ini, warga yang telah terdata dalam evakusai tersebut sebanyak 23 orang, yaitu 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan serta 4 orang anak kecil.

“Untuk saat ini, aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz-2024 masih bersiaga untuk mengantispasi aksi susulan dari KKB," kata dia.

Baca Juga: KKB Kembali Menyerang di Paniai, Bakar Sejumlah Bangunan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya