KPUD Mimika Ungkap Penyebab Molornya Penetapan Suara

Belum ada tanda-tanda pelaksanaan penetapan perolehan suara

Intinya Sih...

  • Penetapan perolehan suara Pemilu 2024 di Mimika tertunda karena gangguan aplikasi SIREKAP KPU.
  • Keterlambatan disebabkan oleh banyaknya data yang diinput ke SIREKAP sehingga tidak bekerja secara maksimal.
  • Terkait jaringan, Fransiskus menyatakan tidak ada masalah, keterlambatan murni akibat gangguan pada aplikasi.

Timika, IDN Times – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, mengungkapkan bahwa molornya pelaksanaan penetapan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten, dikarenakan adanya gangguan pada aplikasi SIREKAP KPU.

"Penetapan perolehan suara pemilu tingkat Kabupaten Mimika murni karena gangguan aplikasi SIREKAP," ujar Komisioner KPU Mimika Divisi Teknis, Fransiskus Xaverius Ama Babe Bahy, melalui sambungan telepon, Selasa (12/3/2024).

Fransiskus bilang, kemungkinan akibat banyaknya data yang diinput ke SIREKAP sehingga membuat aplikasi tidak bekerja secara maksimal.

"Karena gangguan itu, kami (KPUD Mimika) akhirnya harus berkoordinasi dengan KPU RI untuk menginput data secara keseluruhan ke SIREKAP," terangnya.

Terkait jaringan, Fransiskus mengatakan, tidak ada masalah sama sekali. Keterlambatan itu murni akibat gangguan pada aplikasi.

Diketahui, pelaksaanan penetapan perolehan suara Pemilu tingkat kabupaten di Mimika seharusnya dilaksanakan pada Sabtu, 9 Maret 2024, lalu.

Namun, karena data perolehan suara Pemilu belum diinput ke SIREKAP sehingga penetapan akhirnya ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan.

"Mudah-mudahan hari ini, penetapan bisa dilaksanakan," harap Fransiskus.

Lebih lanjut berdasarkan informasi yang diperoleh IDN Times, pelaksaanan penetapan perolehan suara Pemilu tingkat kabupaten di Mimika akan digelar hari ini, Selasa 12 Maret 2024, di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Papua Tengah.

Namun, pantauan di Gedung Eme Neme Yauware hingga pukul 17.30 WIT, belum ada tanda-tanda akan dimulainya pelaksaan penetapan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Mimika.

Baca Juga: Rekapitulasi Suara di Mimika Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya