KONI Papua Tengah Diharap Hasilkan Atlet Potensial lewat Pra PON XXI

Pembinaan atlet harus dilakukan

Timika, IDN Times – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Tengah diharapkan dapat mengawal babak kualifikasi PON XXI/2024 Aceh-Sumut bagi empat daerah otonomi baru (DOB) yang digelar di Mimika, Papua Tengah, agar dapat menghasilkan para atlet muda potensial.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman, saat konferensi pers didampingi Wakil Ketua I KONI Provinsi Papua Tengah, Cessar A. Tunya, di Swiss-Bellin Hotel Timika, Kamis (25/1/2024).

“Saya berharap pada saat Papua masih jadi satu, cabang olahraga (cabor) sepakbola (Papua) putra-putri ditakuti. Nah, meskipun sudah terpecah jadi empat, (DOB) Papua tidak tertinggal,” tutur Marciano.

Sejauh pengamatannya sejak pembukaan babak kualifikasi, Norman melihat banyak atlet Papua Tengah yang berbakat, khususnya pada cabor sepakbola dan futsal.

Menurutnya, talenta yang sudah dimiliki akan sangat berpotensi bilamana dilakukan pembinaan atlet dengan baik. Apalagi, Kabupaten Mimika memiliki banyak venue olahraga berstandar nasional bekas PON XX lalu.

Untuk itu, kata dia, harus dimanfaatkan agar nantinya para atlet dapat bersaing dengan provinsi lain dalam perhelatan PON XXI.

“Kita akan lihat, Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan tetap harus menjadi salah satu sentra pembinaan olahraga prestasi karena atlet dari sini punya bakat luar biasa,” tutupnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Papua Tengah Paparkan 4 Program Prioritas Nasional 2024

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya