KKB Berulah, Tembak Mati Warga Sipil di Pegunungan Bintang

Korban didatangi para pelaku saat berada di rumahnya

Pegunungan Bintang, IDN Times – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah. Kali ini, mereka dilaporkan menembak warga sipil hingga tewas di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Kamis (6/6/2204).

Kabar tersebut disampaikan Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Faizal Ramadhani, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Sabtu (8/6/2024). Faizal mengungkapkan bahwa korban yang ditembak KKB atas nama Senus Lepitalen, masyarakat asli Papua dari Distrik Borme.

"Penembakan itu terjadi di Distrik Borme, Kabupaten Pegunungan Bintang, sekitar pukul 07.00 WIT," ujar Faizal.

Terkait kronologi kejadian, Kasatgas Humas OPS Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno, menjelaskan pada pukul 06.00 WIT, korban sedang berada di rumahnya untuk menghangatkan badan di tungku api. “Di saat korban sedang menghangatkan badan, korban medengar suara ketukan pintu rumah. Kemudian korban berjalan menuju pintu rumahnya dan membukan pintu," jelas Bayu.

"Di saat korban membukan pintu rumahnya, korban kemudian berhadapan dengan sejumlah anggota KKB dan seketika itu pula, korban langsung ditembak dengan menggunakan senjata api laras pendek pada dada korban tembus ke belakang," imbuhnya.

Almarhum Senus Lapitalen, kata Bayu, pernah menjadi salah satu korban penganiayaan dalam peristiwa penyanderaan karyawan PT IBS yang dilakukan oleh KKB pada tanggal 12 Mei 2023 lalu di Distrik Okbab, Kabupaten Pegunungan Bintang. Disampaikan, saat ini, jenazah korban sedang disemayamkan di rumah korban, Kampung Calap, dekat lapangan terbang Distrik Borme.

Bayu menyebut Satgas Ops Damai Cartenz 2024 akan terus melakukan pengejaran terhadap KKB yang aktif melakukan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua.

Baca Juga: Hendak Jual Senpi ke KKB, Pria di Jayapura Ditangkap Polisi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya