KKB Bakar Mobil dan Tembak Mati Sopir di Paniai

Korban merupakan warga sipil

Intinya Sih...

  • Kelompok KKB Intan Jaya membakar mobil dan menembak mati warga sipil di Paniai, Papua Tengah.
  • Korban bernama Rusli (40) ditemukan meninggal dalam mobil yang dibakar oleh KKB.
  • Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan Brimob Batalyon C Polda Papua merespons kejadian dengan pengejaran terhadap KKB.

Timika, IDN Times - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya, Pimpinan Undius Kogoya, membakar satu mobil di Kabupaten Paniai, Selasa (11/6/2024).

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani, mengatakan, selain membakar mobil, kelompok KKB juga menembak mati satu orang warga sipil di Kampung Timida, Distrik Paniai Timur, Papua Tengah.

“Pelaku penembakan dan pembakaran ini adalah KKB Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya yang selama ini melakukan aksi kriminal di kabupaten Paniai,” kata Ka Ops Damai Cartenz-2024.

1. Korban tewas warga sipil

KKB Bakar Mobil dan Tembak Mati Sopir di PaniaiKKB membakar mobil dan menembak mati warga sipil, Selasa (11/6/2024)/Istimewa

Kasatgas Humas OPS Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno, menjelaskan, korban bernama Rusli (40), beralamat di kompleks terminal, Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.

Kronologi peristiwa, tutur Bayu Suseno, pada pukul 13.30. WIT, masyarakat yang datang dari arah Kampung Enarotali hendak ke Kampung Kopo, Distrik Paniai Timur, melihat satu unit mobil berada di pinggir jalan dan dalam keadaan terbakar. Sementara sopirnya dalam keadaan tersungkur di dalam mobil serta terdengar bunyi suara tembakan.

“Setelah itu, terlihat sekelompok anggota KKB yang berjumlah 10 orang dengan membawa senjata api laras panjang keluar dari alang-alang pinggiran jalan sehingga membuat masyarakat yang melihat kejadian tersebut takut dan langsung kembali ke arah kampung madi,” katanya.

2. KKB bakar mobil dan jenazah korban

KKB Bakar Mobil dan Tembak Mati Sopir di PaniaiKasatgas Humas OPS Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno/Istimewa

Dijelaskan Bayu Suseno, korban diketahui telah meninggal dunia dan jenazah korban berada di dalam mobilnya yang dibakar oleh KKB.

“Untuk diketahui bahwa, jenazah korban telah berhasil dievakuasi oleh Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan Brimob Batalyon C Polda Papua ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Paniai”, Bayu Suseno menerangkan.

3. Aparat buru pelaku

KKB Bakar Mobil dan Tembak Mati Sopir di PaniaiKasatgas Humas OPS Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno/Istimewa

Bayu Suseno menambakan, Satgas Ops Damai Caretnz dan Brimob Batalyon C Polda Papua telah merespons kejadian tersebut dengan mendatangi TKP dan melakukan pengejaran terhadap Kelompok KKB tersebut.

"Kami menegaskan bahwa Satgas Ops Damai Cartenz-2024 akan terus melakukan langkah-langkah penindakan dan penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB, pelaku penembakan dan pembakaran ini," tutup AKBP Dr. Bayu Suseno.

Baca Juga: KKB Berulah, Tembak Mati Warga Sipil di Pegunungan Bintang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya