Ketua OKIA Minta Para Tokoh di Mimika Bersatu Jelang Pilkada 2024

Mimika harus dipimpin Suku Kamoro dan Amungme

Timika, IDN Times – Ketua Organisasi Kaum Intelektual Amungme (OKIA), Yohanes Kemong, meminta para tokoh di Kabupaten Mimika untuk duduk bersama dan berunding membahas sosok calon pemimpin daerah yang mesti diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Permintaan itu dikemukakannya melalui sebuah video yang berdurasi 3 menit 30 detik pada Senin (22/4/2024) pagi. Pria yang akrab disapa Kaka YK itu mengimbau kepada sejumlah tokoh-tokoh besar di Mimika, baik tokoh masyarakat, tokoh pimpinan lembaga adat, hingga tokoh-tokoh intelektual agar segera bersatu dan merekomendasikan figur pemimpin yang tepat untuk Kabupaten Mimika.

"Bulan (tahun) ini adalah bulan bagaimana menentukan calon Bupati Kabupaten Mimika. Oleh karena itu, saya meminta kepada tokoh-tokoh Lemasko (Lembaga Musyawarah Adat Masyarakat Kamoro), tokoh-tokoh Lemasa (Lembaga Musyawarah Adat Masyarakat Amungme), yang mana selama ini menjadi dua kubu, tiga kubu, agar bersatu dan duduk membicarakan tentang Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika periode 2024-2029," ujar Kaka YK.

Begitu pun kepada tokoh-tokoh intelektual, dalam hal ini tokoh-tokoh di OKIA, diminta agar melakukan kajian dalam rangka menyeleksi kader-kader partai yang berasal dari Suku Kamoro maupun Amungme untuk nantinya diusung ke Partai Politik menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika.

Menurut YK, Mimika sebagai bagian dari daerah otonomi khusus (Otsus) harus dipimipin juga oleh sosok yang berasal dari kedua suku besar di Mimika yakni Suku Kamoro dan Amungme.

"Mereka (Kamoro dan Amungme) harus menjadi tuan, menjadi pemimpin di tanahnya sendiri. Mereka yang harus melihat, melindungi, dan menjaga daerah Mimika ini," harap YK.

Untuk itu, Kaka YK kembali menegaskan kepada tokoh-tokoh Lemasa dan Lemasko yang masih berkutat dalam dualisme kelembagaan serta masih berdiri secara berkubu-kubu untuk dapat menurunkan egonya dan bersatu membicarakan sosok pemimpin Mimika ke depannya.

Semua pihak diminta berkumpul menjadi satu dan membahas tentang Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika dalam lima tahun mendatang.

YK juga tegas meminta semua lembaga-lembaga yang sebelumnya disebut terbagi dalam beberapa kubu itu tidak lagi bicara tentang hal-hal yang kecil, sepele, dan tidak berarti.

"Paling penting adalah Kepala Daerah Kabupaten Mimika. Oleh karena itu, saya mengajak untuk semua pihak lebih khusus Amungme dan Kamoro agar bulan ini sampai dengan bulan Juli itu duduk bicara tentang Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika," tuturnya.

"Saya mengajak ini untuk kita semua menjadi paham, karena tuan rumah wajib untuk memikirkan hal ini, yaitu Amungme Kamoro wajib mempersiapkan diri menjadi tuan rumah untuk melayani semua orang" ucap YK.

Baca Juga: Polisi Ungkap Hasil Identifikasi 2 Anggota KKB Ditembak Mati di Mimika

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya