Kantor KPU Papua Pegunungan Dibakar, 81 Orang Ditangkap

Massa aksi tak terima 3 komisioner diberhentikan sementara

Intinya Sih...

  • Massa aksi membakar Kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan sebagai protes terhadap pemberhentian sementara 3 Komisioner dan teguran keras kepada 2 Komisioner KPU Kabupaten Tolikara.
  • Pada pukul 07.30 WIT, puluhan orang massa aksi tiba di kantor KPU dan melakukan perlawanan terhadap aparat keamanan sebelum memaksa masuk dan membakar kantor.
  • Aparat berhasil menyita alat tajam, mengamankan 81 orang pelaku (69 laki-laki dan 12 perempuan), serta sedang melakukan proses hukum terhadap para pelaku pembakaran.

Wamena, IDN Times – Kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan yang berada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dibakar oleh massa aksi yang mengatasnamakan forum lintas masyarakat dan pemuda bersatu se-Kabupaten Tolikara, Rabu (14/8/2024) pagi.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, dalam keterangan tertulisnya via WhatsApp.

"Pada hari Rabu, bertempat di Jalan Hom-hom, Wamena, telah terjadi pembakaran Kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan yang dilakukan oleh massa aksi forum lintas masyarakat dan pemuda bersatu se-Kabupaten Tolikara,” ujar Benny.

Baca Juga: KKB Bunuh dan Bakar Pilot Selandia Baru di Papua Tengah

1. Dugaan pemicu kantor KPU Papua Pegunungna dibakar

Kantor KPU Papua Pegunungan Dibakar, 81 Orang DitangkapKantor KPU Provinsi Papua Pegunungan yang berada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dibakar oleh massa/Istimewa

Senada, Kapolres Jayawijaya, AKBP Heri Wibowo, pun membenarkan kabar aksi pembakaran kantor KPU itu.

Kapolres menjelaskan bahwa pada pukul 07.30 WIT, massa aksi yang berjumlah puluhan orang itu tiba di Kantor KPU Papua Pegunungan.

Kedatangan mereka, kata Kapolres, dilatarbelakangi oleh adanya surat yang dikeluarkan KPU RI No. 2806/HK.06.4-SD/04/2024 terkait pemberhentian sementara terhadap 3 Komisioner dan teguran keras kepada 2 Komisioner KPU Kabupaten Tolikara.

2. Massa mendesak bertemu komisioner KPU

Kantor KPU Papua Pegunungan Dibakar, 81 Orang DitangkapKantor KPU Provinsi Papua Pegunungan yang berada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dibakar oleh massa/Istimewa

Ketika tiba di Kantor KPU Papua Pegunungan, papar Heri, massa aksi awalnya sempat melakukan perlawanan kepada aparat keamanan yang sedang berjaga di sekitaran Kantor KPU. Mereka pun memaksa masuk dan melakukan aksi pembakaran.

“Massa aksi masuk ke dalam Kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan untuk bertemu Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan, tetapi mereka tidak menemukan Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan sehingga melakukan pembakaran terhadap Kantor KPU,” jelas Kapolres.

"Setelah peristiwa pembakaran, personel Polres Jayawijaya dan Brimob Kompi D yang dipimpin Oleh Kabag Ops Polres Jayawijaya dan Danki Brimob mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan penebalan di lokasi kejadian," imbuhnya.

3. Puluhan orang ditangkap

Kantor KPU Papua Pegunungan Dibakar, 81 Orang DitangkapKantor KPU Provinsi Papua Pegunungan yang berada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dibakar oleh massa/Istimewa

Aparat pun akhirnya menyita sejumlah alat tajam dan mengamankan sebanyak 81 orang yang terdiri dari 69 orang laki laki dan 12 orang perempuan. Mereka diangkut menuju Mapolres Jawawijaya dengan menggunakan 2 truk.

"Pukul 08.27 WIT, pemadam kebakaran tiba di lokasi dan memadamkan api," katanya.

Kapolres menyebut, saat ini, pihaknya sedang melakukan proses hukum terhadap para pelaku aksi pembakaran Kantor KPU tersebut.

Baca Juga: Polda Papua Selidiki Pemicu Kerusuhan di Puncak Jaya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya