Jenazah Polisi Ditembak KKB Diterbangkan ke Luwuk Banggai Sulteng

Upacara pelepasan diselimuti suasana haru

Timika, IDN Times – Jenazah Briptu Anumerta Alfandi Steve Karamoy, personel Operasi Sama Cartenz 2024 yang gugur ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) Intan Jaya tiba di Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua Tengah, pada Sabtu (20/1/2024) pagi.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, AKBP Dr. Bayu Suseno, menyampaikan jenazah Briptu Alfandi diterbangkan dari Bandara Bilorai Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, menuju Timika menggunakan pesawat Smar-Air PK-SNP. Saat tiba, sejumlah pejabat tampak ikut menjemput. Di antaranya Wakaops Ops Damai Cartenz, Kombes Pol Ronny Suseno; Danmen I Pelopor Pasbrimob III, Kombes Pol Danu Windarto; serta sejumlah perwira lainnya.

Dalam kesempatan itu pun dilaksanakan upacara pelepasan jenazah untuk kemudian diterbangkan ke daerah asal korban di Luwuk Banggai, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Upacara pelepasan yang diselimuti suasana haru itu dipimpin langsung oleh Kaops Damai Cartenz, Kombes Faizal Ramadhani, di Bandara Mozes Kilangin, Timika. Melalui sambutannya, Faizal menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas kehilangan salah satu putra terbaik bangsa dalam menjalankan tugasnya.

"Kami merasakan kehilangan yang besar atas gugurnya saudara kita, Briptu Anumerta Alfandi Steve Karamoy. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," ujar Faizal

Diberitakan sebelumnya, penyerangan terhadap aparat keamanan di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, menewaskan Briptu Alfandi. Penembakan diduga dilakukan oleh KKB impinan Apen Kobogau (Wakil Pangkodap VIII).

Serangan yang diduga berasal dari belakang tower BTS Telkomsel ke arah belakang pos aparat itu berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Dalam penyerangan itu, Briptu Anumerta tertembak pada bagian rahang kiri tembus rahang kanan.

Korban sempat dievakuasi dan dilakukan pertolongan pertama di Puskesmas Sugapa. Namun, selanjutnya Dokter Piter menyatakan yang bersangkutan telah gugur.

Baca Juga: Diserang KKB, 1 Personel Satgas Damai Cartenz Gugur di Intan Jaya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya