HUT OPM 1 Juli, Kapolres Mimika Pastikan Situasi Terkendali Tanpa Aksi

Aparat gabungan TNI-Polri disiagakan di beberapa titik

Intinya Sih...

  • Aparat gabungan TNI-Polri siaga hadapi HUT OPM 1 Juli 2024.
  • Kapolres Mimika menyatakan situasi aman dan belum ada aksi terkait HUT OPM.
  • Sebanyak 150 personel gabungan disiagakan untuk mengantisipasi aksi-aksi yang dianalisa terjadi.

Timika, IDN Times - Menanggapi isu Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM) yang jatuh pada 1 Juli 2024, Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, menyebut situasi dan kondisi di Kabupaten Mimika masih aman dan kondusif.

Kapolres menyebut, sampai dengan saat ini, belum terpantau adanya aksi-aksi tentang HUT OPM.

Dirinya pun belum menerima laporan terkait adanya aksi proklamasi kemerdekaan pengibaran bendera Bintang Kejora maupun kegiatan lainnya.

“Untuk kegiatan pengamanan 1 Juli, seperti kemarin saya sudah sampaikan, kita sudah melaksanakan upaya-upaya antisipasi. Sebagian personel kita siagakan untuk mengantisipasi pada saat perayaan 1 Juli,” kata Kapolres di Mako Brimob Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Papua, usai peringatan HUT ke-78 Bhayangkara, Senin (1/7/2024).

Kapolres mengaku, sehari sebelumnya, dirinya telah menerima selebaran seruan aksi proklamasi kemerdekaan West Papua yang mana juga tersebar di media sosial.

Alhasil aparat gabungan TNI-Polri pun disiagakan sebagai langkah antisipasi terjadinya aksi-aksi sesuai dengan selebaran yang beredar.

Atas seruan tersebut, Kapolres mengatakan ada personel yang disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya aksi-aksi yang dianalisa terjadi.

"Kita siagakan sebanyak 150 personel gabungan untuk menjaga di beberapa titik yang telah dianalisa. Selain itu, ada juga personel gabungan yang _mobile_ memantau situasi," pungkasnya.

Baca Juga: Akui Tembak TNI di Yahukimo, TPNPB-OPM Kirim Pesan untuk OAP

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya