Dubes Selandia Baru Temui TNI di Papua Tengah Bahas Pilot Susi Air

Pembebasan sandera diharapkan menggunakan soft approach

Timika, IDN Times – Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Jeffery Burnet, berkunjung ke Timika, Papua Tengah, pada Selasa (6/2/2024).

Dalam kunjungannya, Kevin diketahui bertemu dengan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Letnan Jenderal TNI Richard TH Tampubolon.

Dubes Selandia Baru itu menjelaskan kedatangannnya ke Timika dalam rangka membahas tentang perkembangan pembebasan sandera pilot Pesawat Susi Air, Kapten Phillip Mark Mehrtens yang sudah setahun disandera Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) atau kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau Tentara Pemebebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) pimpinan Egianus Kogoya.

1. Upaya pembebasan pilot Susi Air

Dubes Selandia Baru Temui TNI di Papua Tengah Bahas Pilot Susi AirPilot Susi Air, Captain Philip Mark Mehrtens ketika ditawan oleh TPN-PB/OPM. (Dokumentasi Istimewa)

Dikatakan bahwa Pemerintah Selandia Baru berharap upaya pemebebasan Kapten Philip dilakukan dengan mengedepankan soft approach (pendekatan lunak/halus).

Dia juga memastikan dan menegaskan Pemerintah Selandia Baru menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada Pemerintah Indonesia.

Selain itu, Kevin pun menyampaikan pesan khusus dari Pemerintah Selandia Baru bahwa mereka mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Tanah Papua.

2. TNI prioritaskan keselamatan sandera

Dubes Selandia Baru Temui TNI di Papua Tengah Bahas Pilot Susi AirTangkapan layar video pilot Susi Air, Captain Philip Mark Mehrtens ketika ditawan oleh TPN-PB/OPM. (Dokumentasi Istimewa)

Sementara Pangkogabwilhan III mengatakan bahwa prioritas utama dari pihak aparat keamanan Indonesia adalah memastikan keselamatan sandera Kapten Philip.

"Kami meyakini hingga saat ini, sandera pilot masih dalam kondisi sehat meskipun ada kesulitan dalam pasokan logistik dan akses terhadap kesehatan," tuturnya.

Di samping itu, lanjut dia, karena kondisi pilot yang dijaga ketat oleh KKB dan terkadang tinggal bersama dengan masyarakat sipil sehingga TNI sangat berhati-hati dalam mengambil solusi terbaik terkait masalah ini.

3. Selandia Baru sampaikan terima kasih ke Indonesia

Dubes Selandia Baru Temui TNI di Papua Tengah Bahas Pilot Susi AirTangkapan layar video pilot Susi Air, Captain Philip Mark Mehrtens ketika ditawan oleh TPN-PB/OPM. (Dokumentasi Istimewa)

Disampaikan, sejauh ini, TNI sudah melaksanakan berbagai pendekatan melalui tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat termasuk juga Pemerintah Daerah dan berharap pembebasan sandera bisa dilakukan melalui soft approach.

Di akhir pertemuan, Dubes Selandia Baru mengucapkan terima kasih melalui Pangkogabwilhan III atas upaya Pemerintah Indonesia dalam membebaskan sandera dengan mengutamakan keselamatannya.

Baca Juga: Kontak Tembak di Papua Tengah, 2 Anggota KKB Ditangkap dan 1 Tewas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya