Cipayung Plus Deklarasi Pemilu Ceria di Papua

Terdapat lima poin yang menjadi komitmen bersama

Jayapura, IDN Times – Kelompok Cipayung Plus bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kota Jayapura menggelar deklarasi Pemilu Ceria dan diskusi menyambut Natal 2023 di Taman Yos Sudarso Imbi, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (1/12/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolresta Jayapura Kota, AKBP Deni Herdiana; Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Papua, Yofrey P N Kebelen; serta mahasiswa se-Kota Jayapura di antaranya dari Kampus Universitas Cenderawasih dan IAIN Fattahul Muluk Papua.

Sementara para petinggi Cipayung Plus yang hadir di antaranya, Korwil XII GMKI Tanah Papua, Mino Oyaito; Ketua Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah Provinsi Papua, Bagus Safaad; Ketua Badko HMI Provinsi Papua, Ismail Renyaan; dan Ketua Umum Koordinator Cabang PMII Papua Periode 2022–2024, Mahfudz.

1. Lima poin dalam Deklarasi Pemilu Ceria

Cipayung Plus Deklarasi Pemilu Ceria di PapuaLima poin komitmen dalam deklarasi Pemilu Ceria oleh kelompok Cipayung Plus bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kota Jayapura, Jumat (1/12/2023). (IDN Times/Istimewa)

Adapun lima poin yang menjadi komitmen dibacakan bersama oleh kelompok Cipayung Plus Papua dan BEM se-tanah Papua di Kota Jayapura dalam Deklarasi Pemilu Ceria ini yakni sebagai berikut.

Pertama, Cipayung Plus Papua dan BEM se-Kota Jayapura, pemuda-pemudi menolak kampanye dalam bentuk apapun yang dapat memecah belah persatuan umat

Kedua, Cipayung Plus Papua dan BEM se-Kota Jayapura mengajak seluruh masyarakat untuk menolak black campaign dan money politik serta isu sara yang dapat mencederai proses demokrasi di tanah Papua.

Ketiga, Cipayung Plus Papua dan BEM se-Kota Jayapura mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan menjaga perdamaian Pemilu 2024 di tanah Papua.

Keempat, Cipayung Plus Papua dan BEM se-Kota Jayapura mengajak seluruh masyarakat agar bersama - sama bersinergi, bersama penyelenggara pemilu, TNI polri, untuk menyukseskan Pemilu yang demokratis.

Kelima, Cipayung Plus Papua dan BEM se-Kota Jayapura mengajak seluruh masyarakat agar menjaga perdamaian Pemilu dengan terus bersinergi tanpa menggunakan black Campaign dan money politik, untuk Pemilu yang demokratis.

2. Wujudkan Pemilu yang demokratis, jujur, dan ceria

Cipayung Plus Deklarasi Pemilu Ceria di PapuaDeklarasi Pemilu Ceria oleh kelompok Cipayung Plus bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kota Jayapura, Jumat (1/12/2023). (IDN Times/Istimewa)

Dalam laporan ketua panitia yang dibacakan oleh Lalius Kabak selaku Ketua GMKI Cabang Jayapura, dijelaskan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan pemilu yang demokratis, jujur, dan ceria pada tahun 2024.

"Cipayung Plus Wilayah Tanah Papua beberapa bulan lalu telah melakukan audensi dengan pihak penyelenggara di antaranya KPU dan Bawaslu serta pihak Polda, di mana telah terbentuk tim kerja deklarasi gerakan Pemilu Ceria," ungkapnya.

"Besar harapan kami, agar semua pihak sama-sama menyukseskan Pemilu yang damai, demokratis, jujur dan ceria di tanah Papua tahun 2024. Semoga Tuhan memberkati kita. Serta selamat menyambut Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru 1 Januari 2024," imbuhnya.

Atas suksesnya kegiatan ini, Lalius Kagak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung.

"Pada akhirnya kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada para donatur yang mendukung kegiatan ini, dan juga ketua-ketua Cipayung Plus wilayah tanah Papua serta teman-teman cabang dan tim work yang sudah berkerja keras hingga penghujung acara ini, termasuk rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi dari organisasi kampus se-Kota Jayapura," ucapnya.

3. Polresta Jayapura Kota mendukung Pemilu ceria

Cipayung Plus Deklarasi Pemilu Ceria di PapuaDeklarasi Pemilu Ceria oleh kelompok Cipayung Plus bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kota Jayapura, Jumat (1/12/2023). (IDN Times/Istimewa)

Di tempat yang sama, Wakapolresta Jayapura Kota, AKBP Deni Herdiana, yang mewakili Kapolresta Jayapura Kombes Pol Victor D Mackbon, mengaku sangat mendukung kegiatan yang positif ini.

"Kami dari kepolisian menyampaikan bahwa situasi Kamtibmas sampai saat ini dalam keadaan aman dan masih dapat dikendalikan. Ini bukan karena kami namun juga karena adik-adik mahasiswa, apalagi dalam momen tahapan pemilu yang kita ikuti saat ini," ujarnya.

Mantan Kapolres Yahukimo dan Mamberamo Tengah itu menungkapkan bahwa sampai dengan tahapan kampanye saat ini, situasi kamtibmas masih dalam keadaan aman.

"Kita melaksanakan Pemilu dengan suka cita, yang ikut menjadi kontestan merupakan para orang-orang terpilih. Mari kita bersama dalam menjaga pemilu agar tetap damai, karena tidak hanya TNI dan Polri yang bisa mengamankan situasi Kamtibmas, tapi penting sekali kontribusi dari adik-adik mahasiswa, dan saya menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah menggagas apel Cipayung ini," jelas Deni.

"Pesan kami dari Polri kepada mahasiswa semua, teruslah berkolaborasi dengan kami, ini semua adalah tanggung jawab kita semua, mudah-mudahan rangkaian Pemilu bisa berjalan aman, damai, dan indah dan semoga tidak ada potensi konflik apapun," pungkasnya.

Baca Juga: Timika Creative Hub Pacu Pengembangan Industri Kreatif di Papua

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya