Aparat Pengamanan TPS Pemilu 2024 di Dogiyai Diserang

Situasi kondisi kamtibmas telah kembali aman dan kondusif

Dogiyai, IDN Times – Aparat pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di Distrik Dogiyai, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah, mengalami penyerangan oleh sekelompok pemuda.

Hal itu terlihat dari sebuah video yang diterima IDN Times pada Rabu (14/2/2024) sore. Video yang berdurasi 11 detik itu memperlihatkan sejumlah personel kepolisian sedang berupaya bertahan di dalam sebuah ruangan.

"Bantuan, bantuan, bantuan. Dong su (mereka sudah) mulai serang lagi. Bantuan, bantuan, mohon bantuan," ujar salah satu anggota yang merekam video tersebut.

Kapolres Dogiyai, Kompol Sarraju, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa penyerangan itu terjadi di Kabupaten Dogiyai.

Sarraju menjelaskan, peristiwa itu bermula saat dua anggota personel Bagian Operasional (Bag Ops) hendak menghantarkan makanan kepada para personel pengamanan TPS di Distrik Dogiyai pukul 13.45 waktu setempat.

Setibanya dua anggota tersebut di depan Kantor Distrik Dogiyai, salah satu dari keduanya melihat sebuah sepeda motor yang diduga merupakan miliknya yang sempat hilang dua minggu lalu.

Merasa bahwa motor itu adalah miliknya, personel itu pun tergerak untuk mengecek dan memastikan nomor kendaraan motor tersebut.

"Namun, pemuda yang melihat kedua personel Bag Ops tersebut langsung mengejar personil Bag OPS sehingga personel Bag OPS Polres Dogiyai langsung kembali ke Mapolres Dogiyai," terang Sarraju dalam keterangan tertulis.

Tak sampai di situ, sekitar pukul 13.50 WIT, pemuda yang mengejar personel Bag OPS Polres Dogiyai itu kembali lagi ke Kantor Distrik Dogiyai dan melakukan penyerangan terhadap anggota pengamanan TPS di Distrik Dogiyai.

Peristiwa penyerangan itu pun kemudian dilaporkan oleh Padal Distrik Dogiyai IPDA, Onesimus Iyowau, (Kasat Binmas) ke pos penjagaan Polres Dogiyai melalui HT sekira pukul 14.00 WIT.

Atas dasar laporan tersebut, Sarraju mendatangi TKP didampingi Waka Polres Dogiyai AKP, Aksan Husain.

Kapolres Dogiyai menyebutkan, ketika mereka tiba di TKP, pihaknya sempat melakukan koordinasi dengan Aparat Kampung Distrik Dogiyai untuk menenangkan massa yang sudah mulai anarkis.

Akan tetapi, beberapa pemuda malah melakukan penyerang terhadap dirinya sehingga para personel lainnya langsung melepaskan tembakan peringatan.

"Pukul 14.40 WIT, Aparat Kampung Distrik Dogiyai langsung menenangkan massa dan membantu pihak keamanan untuk mengeluarkan personel pengamanan TPS Distrik Dogiyai yang masih berada di dalam Kantor Distrik Dogiyai," tuturnya.

Usai dari situ, Waka Polres Dogiyai, AKP Aksan Husain, kemudian melakukan apel konsolidasi di Mapolres Dogiyai sekaligus mengecek para personel pengamanan TPS Distrik Dogiyai.

Kapolres memastikan saat ini, situasi kondisi kamtibmas di Kabupaten Dogiyai telah kembali aman dan kondusif.

"Situasi (sudah) aman terkendali," pungkasnya.

Baca Juga: Pemilu di Mulia Papua Tengah Ricuh, Saling Serang Gunakan Anak Panah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya