Akui Tembak TNI di Yahukimo, TPNPB-OPM Kirim Pesan untuk OAP

Seorang anggota TNI terluka akibat terkena tembakan

Yahukimo, IDN Times – Sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM), Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap XVI Yahukimo, mengaku sebagai pelaku penembakan anggota TNI di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Kamis (6/6/2024).

Berdasarkan siaran pers yang diterbitkan Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB, dijelaskan bahwa aksi kontak tembak itu berlangsung dari siang sekitar pukul 13.00 hingga malam pukul 20.00 WIT. Kontak tembak terjadi di empat titik, yakni area Kilometer 2, arah menuju Kali Biru, wilayah Logbon, dan di sekitar Bandara Dekai Ibu Kota Kabupaten Yahukimo. Sebby Sambom selaku Juru Bicara TPNPB-OPM menyebut seorang anggota TNI menjadi korban dalam aksi tersebut.

"Pasukan TPNPB Kodap XVI Yahukimo telah berhasil menembak seorang anggota Tentara Indonesia asal Papua hingga kritis dan sedang dalam perawatan medis di RSUD Dekai, yang masih berada dalam wilayah operasi pasukan khusus TPNPB Kodap XVI Yahukimo," tutur Sebby.

Terkait peristiwa itu, TPNPB juga turut mengeluarkan pesan kepada seluruh masyarakat orang asli Papua (OAP) agar berhati-hati. TPNPB menganggap sedang terjadi politik adu domba oleh Indonesia terhadap OAP melalui penerimaan anggota TNI-Polri.

"Seluruh rakyat Papua harus sadar dengan adanya penerimaan TNI-Polri yang dikhususkan untuk orang Papua itu sama saja dengan mengadudombakan kita sesama orang Papua untuk saling membunuh selama kita masih dijajah dalam pemerintahan kolonial Indonesia dan ini sama saja pemusnahan etnis sesama Papua," Sebby menegaskan.

"Apakah hanya orang Papua yang harus menjadi TNI-Polri sedangkan di bidang pemerintahan, legislatif, dan yudikatif sedang diambil alih oleh orang imigran indonesia. Ini yang harus semua rakyat Papua sadar dan melakukan perlawanan untuk menuju kepada kemerdekaan Papua Barat," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno, melalui keterangan tertulisnya mengungkapkan bahwa seorang anggota TNI tertembak sekitar pukul 18.20 WIT di Jalan Seradala, Kilometer 2, Distrik Dekai. “Dapat kami sampaikan bahwa dari penyerangan yang dilakukan oleh KKB Kodap XVI Yahukimo ini, mengakibatkan satu anggota Kodim 1715/Yahukimo atas nama Pratu Rajami Uhio mengalami luka tembak pada paha sebelah kiri,” ungkapnya.

Bayu menjelaskan, pada saat itu, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 wilayah Yahukimo mendapatkan informasi melalui radio HT Polres Yahukimo bahwa telah terdengar suara tembakan oleh KKB dari arah Jalan Seradala yang mengakibatkan Pratu Rajami Uhio mengalami luka tembak pada paha sebelah kiri.

"Setelah mendapat laporan tersebut, tim kami dari Satgas Ops Damai Cartenz-2024 wilayah Yahukimo langsung merespons dengan bergerak cepat mendatangi TKP penembakan tersebut," kata Bayu.

Dikatakan korban Pratu Rajami Uhio telah berada di Rumah Sakit Dekai Yahukimo untuk mendapatkan perawatan medis. “Satgas Ops Damai Cartenz-2024 akan melakukan langkah-langkah penindakan yang tegas dan terukur terhadap KKB, pelaku penembakan ini," kata Bayu.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya