15 Momen yang Jadi Tren di Google Sepanjang 2018, Apa Saja?

Mulai dari momen, tokoh hingga selebriti

Jakarta, IDN Times – Tahun 2018 hanya menyisakan beberapa hari lagi. Banyak terjadi sepanjang tahun ini. Lalu momen apa saja yang menjadi perhatian publik sepanjang 2018?  Berikut momen atau topik yang menjadi tren tahun ini menurut Year in Search 2018.  

“Pencarian trending di tahun ini seperti apa dan kenapa. Apakah konsisten dengan tahun sebelumnya,” kata Search Marketing Manager Google Indonesia , Mira Sumanti di Senopati, Jakarta, Kamis (13/12).

1. Bukan yang menjadi tren, bukan yang paling banyak dicari

15 Momen yang Jadi Tren di Google Sepanjang 2018, Apa Saja?IDN Times/ Helmi Shemi

Daftar Year in Search 2018 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran. Pemilihan tren dikarenakan lebih representatif untuk menggambarkan apa yang terjadi selama 2018 ini.

“Kenapa menggunakan yang paling trending, karena kalau dilihat paling banyak gak representatif spirit zaman sekarang. Kalau trending itu pencarian paling tinggi dibanding tahun sebelumnya. Itu lebih reprensentatif animo masyarakat pada tahun ini,” jelas Mira.

Baca Juga: 10 Gaya Rambut Pengantin Wanita Paling Tren 2018, yang Mana Favoritmu?

2. Apa saja yang menjadi tren selama 2018?

15 Momen yang Jadi Tren di Google Sepanjang 2018, Apa Saja?IDN Times/ Helmi Shemi

Google membagi 6 kategori hal paling tren di 2018 ini, seperti tokoh, selebriti, peristiwa nasional, peristiwa hiburan, film dan lagu. Sementara untuk 15 hal yang menjadi tren secara keseluruhan adalah:

Piala Dunia Russia 2018, Asian Games 2018, Piala AFF 2018, Karna Su Sayang, Nissa Sabyan, Deen Assalam, Meraih Bintang – Via Valllen, Lagu Syantik – Siti Badriah, Bukti – Virgoun, Liga 1 Indonesia 2018, AFC Champions League, Indonesia Idol, Liga Champions 2018, Dilan 1990 dan Piala Presiden 2018.

3. Kenapa lebih banyak tren di bidang olahraga dibanding lainnya?

15 Momen yang Jadi Tren di Google Sepanjang 2018, Apa Saja?IDN Times/ Helmi Shemi

Meski terbilang banyak tren dari olahraga, Mira menyebut tren di Indonesia pada 2018 lebih banyak dikuasai oleh entertainmen seperti musik, film, selebritis dan baru diikuti olahraga, lalu current affair, orang atau tokoh.

“Sebenarnya musik juga tinggi 9 persen dari pencarian di Indonesia. Semua pencarian paling tinggi tentang olahraga yaitu sepakbola karena masyarakat demen sepakbola, animonya tinggi. Apalagi banyak pertandingan seru, tahunnya Piala Dunia dan masyarakat Indonesia hard fans terbawa juga,“ jelasnya.

4. Apa yang menyebabkan hal-hal itu menjadi tren?

15 Momen yang Jadi Tren di Google Sepanjang 2018, Apa Saja?IDN Times/ Helmi Shemi

Penghitungan tren ini dilakukan dari awal tahun 2017 hingga akhir dan awal 2018 sampai November 2018. Google menggunakan metodologi berdasarkan data dari Google Search Trend dan internal tools mereka.

Mira mengatakan query (kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database di mana mengambil dari tabel-tabel yang ada di database) terjadi peningkatan paling besar di tahun sebelumnya.

Query-query yang secara volume banyak dan mendapat peningkatan pencarian paling besar dibanding tahun sebelumnya. Kita lihat ada peningkatan itu dari 2017,” ujarnya.

Baca Juga: Tren 2018, Ini 5 Kemeja Bermotif yang Bikin Penampilan Kian Kece

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya