Ditahan, Akun IG Selebgram Makassar Tersangka Arisan Macet Masih Aktif

Suaminya tak ditahan, pasutri ini tetap eksis di Instagram

Intinya Sih...

  • Selebgram di Makassar ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus arisan macet
  • Total uang yang diduga ditipu mencapai Rp41 juta untuk gaya hidup dan utang-utang
  • Suami tersangka tidak ditahan, akun Instagram tetap eksis dengan postingan oleh suaminya

Makassar, IDN Times - Penyidik Satuan Reskrim Polres Gowa menetapkan Widyawati alias Widya Laurencia dalam kasus arisan macet. Perempuan yang dikenal sebagai selebgram di Makassar ini disangkakan melakukan penipuan.

Kepala Subseksi Pengelolaan Informasi, Dokumentasi, dan Multimedia (Subsi PIDM) Polres Gowa, Ipda Udin Sibadu mengatakan, penetapan tersangka dilakukan pihaknya pada Minggu 23 Juni 2024.

“Sudah ditetapkan tersangka kepada yang bersangkutan. Kita sangkakan Pasal 378 KUHPidana tentang penipuan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara,” kata Udin kepada IDN Times, Kamis (27/06/2024).

1. Motif penipuan untuk bayar utang

Ditahan, Akun IG Selebgram Makassar Tersangka Arisan Macet Masih AktifWidya Laurencia saat diamankan di Mapolres Gowa. (Dok. Istimewa)

Udin menjelaskan, berdasarkan hasil interogasi total uang yang diduga ditipu oleh Widya hampir mencapai Rp41 juta. Uang itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup dan membayar utang-utangnya. “Menurut keterangan pelaku terlilit utang,” imbuhnya.

Arisan sendiri disebutkan dimulai sejak akhir 2023. Setoran tiap kali arisan sebanyak Rp3,9 juta dengan member 30 yang dilot setiap 14 hari. Widya menerima Rp40.200.000, namun setelah naik ia tak pernah lagi membayar.

2. Suami Widya dipulangkan

Ditahan, Akun IG Selebgram Makassar Tersangka Arisan Macet Masih AktifSelebgram Makassar Widyawati saat ditangkap di rumahnya kawasan Citraland. (Dok. Istimewa)

Dia melanjukan, untuk suami Widya yakni Sadly Noor tidak ditahan. Padahal, saat penangkapan selebgram itu juga dianggap menghalangi petugas sehingga turut digelandang ke Mapolres Gowa.

“Suaminya dipulangkan, kita tidak bisa tahan karena tidak cukup alat bukti. Nanti diproses peradilan baru ditentukan sanksinya seperti apa,” ujar Udin.

Menurut Perwira Pertama satu balok itu, Sadly tidak ada kaitannya dengan perkara hukum yang dihadapi istrinya. “Cuman kita sudah ambil keterangannya terkait upayanya menghalangi petugas."

3. Akun Instagram tetap aktif

Ditahan, Akun IG Selebgram Makassar Tersangka Arisan Macet Masih Aktifilustrasi media sosial (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski sudah ditahan, akun Instagram @widyalaurencia28 milik Widya tetap aktif mengunggah cerita atau story. Menurut Udin, akun tersebut dipakai oleh suaminya.

“Bisa jadi hanya itu difungsikan oleh temannya atau suaminya kan tidak ditahan. Sehingga tetap aktif di media sosial untuk menjaga popularitasnya,” jelas Udin.

Baca Juga: Selebgram Makassar Ditangkap Gara-gara Arisan Macet

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya