68 Kebakaran Terjadi Sepanjang 2024 di Makassar, Kerugian Capai Rp21 M

Masyarakat diimbau untuk segera melapor di nomor 0811410113

Intinya Sih...

  • Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar menangani 68 peristiwa kebakaran selama semester pertama tahun 2024, dengan kerugian materil lebih dari Rp21 miliar.
  • Jumlah kejadian kebakaran tertinggi terjadi di rumah tinggal sebanyak 62 unit, diikuti oleh toko/kios 7 unit, industri perusahaan 3 unit, gudang 3 unit, pasar 1 unit, dan kendaraan 8 unit.
  • Penyebab kebakaran didominasi masalah instalasi listrik, perangkat listrik tidak standar atau kurang layak dipakai, aktivitas memasak lupa mematikan kompor, rembesan api akibat pembakaran sampah. Masyarakat diimbau untuk segera melapor di nomor 0811410113

Makassar, IDN Times - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar menangani 68 peristiwa kebakaran selama semester pertama tahun 2024. Kebakaran itu terjadi di pemukiman dan pertokoan. Besaran kerugian materil ditaksir mencapai Rp21 miliar lebih.

“Angka pastinya itu Rp21.080.000.000 kebakaran terbanyak terjadi di rumah tinggal 62 unit. Kemudian toko atau kios 7 unit, industri perusahaan 3 unit, gudang 3 unit, pasar 1, kendaraan 8 unit, sampah dan alang-alang 13 titik,” kata Kepala Bagian Operasi Dinas Damkar Makassar, Cakrawala kepada IDN Times, Kamis (20/06/2024).

1. Rekapitulasi kebakaran di Makassar pada semester pertama tahun 2024

68 Kebakaran Terjadi Sepanjang 2024 di Makassar, Kerugian Capai Rp21 MKebakaran di Pasar Daya Makassar, Selasa (18/6/2024). (IDN Times/Istimewa)

Dia merincikan, peristiwa kebakaran di Januari sebanyak 13 kejadian, Februari 5 kejadian, Maret 15 kejadian, April 11 kejadian, Mei 12 kejadian, dan Juni 12 kejadian.

Dengan jumlah jiwa terdampak sebanyak 183 orang yang berasal dari 75 Kepala Keluarga. Selain itu peristiwa kebakaran juga menimbulkan korban jiwa yakni 3 orang dan satu orang mengalami luka-luka.

2. Penyebab kebakaran didominasi instalasi listrik dan aktivitas masak-memasak

68 Kebakaran Terjadi Sepanjang 2024 di Makassar, Kerugian Capai Rp21 MKebakaran di Pasar Daya Makassar, Selasa (18/6/2024). (IDN Times/Istimewa)

Cakrawala menjelaskan, rerata penyebab kebakaran yang ditemui di lapangan didominasi permasalahan instalasi listrik. “Lalu perangkat listrik yang tidak standar ataupun kurang layak dipakai, aktivitas di dapur yah mungkin memasak lalu lupa mematikan kompor. Dan rembesan api akibat pembakaran sampah,” ujarnya.

“Tapi tidak menutup kemungkinan karena faktor cuaca Kota Makassar yang sedang naik suhu panasnya. Cuman, kembali lagi untuk penyebab pastinya bukan ranah kami. Itu ranah kepolisian,” sambung Cakrawala.

3. Petugas kadang terkendala akses menuju lokasi

68 Kebakaran Terjadi Sepanjang 2024 di Makassar, Kerugian Capai Rp21 Milustrasi kerumunan orang (pexels.com/Mike Chai)

Dia melanjutkan, seluruh peristiwa itu dapat ditangani dengan cepat oleh petugas. Waktu operasi paling 45 menit dan tercepat 25 menit. Meski begitu, petugas kerap menemukan kendala saat pemadaman.

“Biasanya di informasi. Masyarakat itu kadang lambat melaporkan ke kita bilamana ada insiden kebakaran atau potensi kebakaran,” ungkapnya.

“Yang kedua itu akses masuk ke wilayah-wilayah terdampak kebakaran. Kami terkadang terhalau oleh kendaraan roda empat yang terparkir di badan jalan. Khususnya di lingkungan padat penduduk,” lanjut Cakrawala.

Ditambah lagi, ketika ada peristiwa kebakaran kata Cakrawala, warga malah berkerumun dan mencoba membantu. “Sebenarnya niat mereka baik tapi kadang juga memperlambat ruang gerak petugas,” ujarnya.

Baca Juga: 4 Kios Pasar Daya Makassar Ludes Terbakar, Penyebab Masih Diselidiki

4. Layanan Damkar gratis bisa hubungi di 0811410113

68 Kebakaran Terjadi Sepanjang 2024 di Makassar, Kerugian Capai Rp21 MLayanan Damkar. (Facebook/Damkar Makassar)

Cakrawala mengimbau, masyarakat selalu waspada dan siap siaga menghadapi potensi kebakaran. Salah satunya dengan mengamankan dokumen ataupun barang berharga di satu tempat. “Lalu, membakar sampah di tempat yang aman,” paparnya.

Dia menyatakan, masyarakat yang melihat adanya potensi kebakaran diimbau segera menghubungi layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Damkar di nomor 0811410113. “Pelayanan ini gratis. Kami siap membantu terkait pemadaman dan penyelamatan,” tutup Cakrawala

Baca Juga: 4 Kios Terbakar di Pasar Daya Makassar Segera Diperbaiki

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya